Rabu 04 Oct 2023 14:11 WIB

Mau Kulineran Jepang di Jabodetabek? Intip Lima Resto Halal Ini

Beberapa rekomendasi resto Jepang halal serta gerai ramah Muslim di Jabodetabek.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ramen halal (ilustrasi).  Ada beberapa rekomendasi resto Jepang halal serta gerai ramah Muslim yang ada di Jabodetabek.
Foto: www.freepik.com
Ramen halal (ilustrasi). Ada beberapa rekomendasi resto Jepang halal serta gerai ramah Muslim yang ada di Jabodetabek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati hidangan khas negeri sakura tersebut. Sudah banyak gerai kuliner Jepang yang bisa dijajal di dalam negeri. Berikut beberapa rekomendasi resto Jepang halal serta gerai ramah Muslim yang ada di Jabodetabek.

1. Sushimas

Baca Juga

Sushi kualitas bintang lima dengan harga kaki lima bisa dinikmati di Sushimas, resto yang menghadirkan berbagai hidangan Jepang sejak 2017. Tak cuma sushi, ada pilihan menu lain di gerai Sushimas seperti bento, gyukatsu, chicken karage, takoyaki, hingga sashimi.

Sushimas sudah mendapatkan sertifikat halal MUI, jadi Muslim tidak perlu khawatir saat akan bersantap di gerai ini. Ada beberapa cabang Sushimas, termasuk di Margonda-Depok, Cibinong-Bogor, Grand Galaxy-Bekasi, Gading Serpong-Tangerang, serta Kampung Tengah-Jakarta.

 

2. Ramen Bajuri

Berbagai hidangan ramen lezat dengan harga terjangkau bisa dinikmati di Ramen Bajuri, serta dipastikan 100 persen halal. Gerai Ramen Bajuri berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Bogor Tengah, Kota Bogor, atau yang lebih dikenal dengan kawasan Air Mancur.

Menunya termasuk niwatori ramen, tebakasi ramen, enokitake ramen, juga menu katsu, udon, donburi, dan masih banyak lagi. Ramen Bajuri menjamin bahwa dapurnya bebas dari daging babi, lemak babi, mirin, alkohol, atau bahan-bahan lain yang tidak halal.

 

3. Sore Izakaya

Mulai dari menu ramen, yakitori, gyoza, takoyaki, hingga omurice bisa disantap di gerai Sore Izakaya, Fatmawati, Jakarta. Selain bisa menikmati banyak hidangan khas Jepang, ada  pemandangan unik MRT melintas yang bisa dilihat di area rooftop tempat makan ini.

Sore Izakaya memastikan bahwa gerainya tidak menyajikan makanan atau minuman apa pun yang mengandung daging babi, lemak babi, serta alkohol. Selain di bilangan Fatmawati, gerai Sore juga memiliki beberapa cabang lain di Pamulang, BSD, dan Bintaro.

 

4. Ichiryu Ramen

Warga Depok yang ingin menyantap ramen lezat bisa menjajal Ichiryu Ramen, yang lokasinya ada di Living Plaza, Cinere, Depok. Walau namanya "ramen", tapi restoran ini juga menyajikan beragam hidangan Jepang seperti gyoza, karaage, teriyaki, yakiniku, yakitori, udon, serta sushi.

Ichiryu Ramen termasuk gerai ramah Muslim yang memastikan semua menunya "no pork, no lard". Sambil menyantap menu-menu khas Jepang, pengunjung bisa menikmati suasana resto yang didominasi warna merah dan berbagai interior khas negeri sakura.

 

5. Rokurenya

Penyuka shabu-shabu dan yakiniku bisa menjajal pengalaman baru menikmati hidangan di Rokurenya AEON Mall BSD City, Tangerang. Gerai ini menghadirkan menu Yakiniku Barbie dan Barbie Shabu, di mana lembaran daging melekat di tubuh boneka Barbie.

Rokurenyo juga menyajikan menu soba, udon, tiram, salmon, dan hidangan penutup yang terinspirasi onsen (tempat mandi berendam di Jepang). Saat Republika bertandang ke gerai ini, Rokurenya sedang dalam proses sertifikasi halal, namun memastikan menu di gerainya tak menggunakan bahan-bahan nonhalal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement