Rabu 04 Oct 2023 13:10 WIB

Alami Tukak Lambung, Bruce Springsteen Tunda Tur Konser

Sedianya, Springsteen akan menggelar konser di lima kota hingga akhir 2023.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Penyanyi Bruce Springsteen dan E Street Band tampil selama tur 2023 mereka Rabu, 1 Februari 2023, di Amalie Arena di Tampa, Florida.
Foto: AP/Chris O'Meara
Penyanyi Bruce Springsteen dan E Street Band tampil selama tur 2023 mereka Rabu, 1 Februari 2023, di Amalie Arena di Tampa, Florida.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tur konser bintang rock, Bruce Springsteen, yang sedang berlangsung saat ini resmi ditunda hingga tahun depan. Penundaan ini dilakukan karena Springsteen saat ini sedang bergelut dengan masalah tukak lambung.

Springsteen sudah memulai tur konsernya bersama E Street Band sejak 1 Februari 2023. Tur konser bertajuk Springsteen and E Street Band 2023 Tour ini merupakan reuni pertama antara Springsteen dan E Street Band sejak 2017.

Baca Juga

Sebelumnya, jadwal Springsteen and E Street Band 2023 Tour pada September sempat dibatalkan karena masalah tukak lambung yang dialami oleh Springsteen. Kala itu, Springsteen berharap kondisinya dapat segera membaik sehingga bisa kembali melanjutkan delapan jadwal konser di Kanada pada November mendatang.

Namun hingga saat ini, Springsteen masih dalam masa pemulihan. Musisi yang akrab disapa The Boss tersebut masih harus menjalani terapi pengobatan hingga penghujung 2023.

"Bruce Springsteen terus membaik dari penyakit tukak lambungnya selama beberapa pekan terakhir. Dia akan melanjutkan pengobatan sampai penghujung tahun ini atas saran dokter," jelas pernyataan resmi dari Springsteen dan E Street Band, seperti dilansir NBC News pada Rabu (4/10/23).

Sebelum pengumuman ini dikeluarkan, Springsteen and E Street Band 2023 Tour rencananya akan menggelar konser di lima kota hingga akhir 2023. Kelima kota tersebut adalah Phoenix, San Diego, Inglewood, California, dan San Francisco.

"Semua jadwal tur yang tersisa di 2023 untuk Bruce Springsteen dan The E Street Band akan ditunda hingga 2024," lanjut pernyataan resmi Springsteen dan E Street Band.

Untuk saat ini, pertunjukan musik Springsteen berikutnya akan digelar pada 21 dan 23 Agustus 2024 di Citizen Bank Park, Philadelphia. Sedangkan jadwal terbaru untuk tur konser Springsteen dan E Street Band akan diumumkan pekan depan.

"Semuanya akan digelar di venue yang sama seperti jadwal sebelumnya," pungkas pernyataan resmi Springsteen dan E Street Band.

Springsteen juga berjanji akan kembali menyapa penggemar dari atas panggung pada tahun depan. Dalam pernyataan resminya, Springsteen turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua orang yang telah memberikan doa hingga dukungan untuk kesembuhannya.

"Keadaan saya membaik dan tidak sabar untuk bertemu kalian semua tahun depan," ujar Springsteen.

Tukak lambung terjadi karena adanya luka pada lapisan dinding lambung. Pada beberapa kasus, kondisi ini bisa tak memunculkan gejala. Namun dalam beberapa kasus lainnya, tukak lambung dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit yang hebat.

Salah satu penyebab tukak lambung yang paling umum adalah infeksi bakteri bernama Helicobacter pylori atau H pylori pada lambung. Selain itu, tukak lambung juga kerap dipicu oleh penggunaan obat antinyeri yang rutin, seperti ibuprofen, aspirin, atau naproxen.

Orang-orang yang mengalami tukak lambung sangat dianjurkan untuk membatasi penggunaan obat antinyeri. Penderita tukak lambung juga diimbau untuk menghindari konsumsi alkohol.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement