Selasa 03 Oct 2023 16:31 WIB

Sebelum Jalin Hubungan Serius, Ajukan Lima Pertanyaan Ini Kepada Calon Pasangan

Jangan sampai pertemuan dengan calon pasangan terkesan seperti sesi wawancara.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan ke arah yang lebih serius, dua orang yang saling tertarik biasanya berjumpa dan berbincang supaya bisa lebih mengenal satu sama lain.
Foto: Freepik
Sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan ke arah yang lebih serius, dua orang yang saling tertarik biasanya berjumpa dan berbincang supaya bisa lebih mengenal satu sama lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan ke arah yang lebih serius, dua orang yang saling tertarik biasanya berjumpa dan berbincang supaya bisa lebih mengenal satu sama lain. Dalam momen ini, wajar bila sebagian orang merasa malu, canggung, atau tak tahu harus berkata apa.

Menurut pakar hubungan, komunikasi secara langsung sebelum sebuah hubungan terjalin sangat penting untuk mengetahui kepribadian dan nilai-nilai yang dianut calon pasangan. "Saat bertemu calon pasangan untuk pertama kalinya, hormati segala hal yang tidak Anda ketahui," kata psikolog berlisensi Lisa Marie Bobby.

Baca Juga

Tindakan paling tepat untuk dilakukan adalah mengajukan sejumlah pertanyaan tentang diri calon pasangan. Akan tetapi, biarkan percakapan mengalir secara alami. Jangan sampai interaksi itu terkesan seperti sebuah sesi wawancara untuk mencari posisi pasangan berikutnya.

Jenis pertanyaan terbuka memungkinkan calon pasangan mengekspresikan dirinya yang sebenarnya dan memberikan jawaban autentik. Berikut lima pertanyaan yang bisa diajukan untuk mengetahui lebih banyak tentang calon pasangan, dikutip dari laman Women's Health, Selasa (3/10/2023).

1. Apa yang kamu cari dalam sebuah hubungan?

Inti dari pertanyaan ini adalah untuk mengukur apakah tujuan kedua belah pihak memang selaras. Tanggapan apa pun dari calon pasangan akan memberikan petunjuk tentang kelanjutan hubungan. 

Jangan takut untuk berterus terang tentang tujuan kencan, sebab akan menghemat waktu dan menghindarkan terlibat dengan orang yang salah.

2. Hal apa yang penting bagimu?

Mengajukan pertanyaan yang terlalu spesifik seperti, 'Apa hobimu?' dapat mengisolasi orang lain secara tidak sengaja. Sebaiknya, tanyakan hal yang lebih umum, seperti hal apa yang menurutnya penting dalam hidup.

Misalnya, dia sangat mementingkan kebugaran dan selalu rutin berolahraga. Pertanyaan ini juga akan menguak nilai-nilai yang dianutnya.

Pertanyaan ini berkaitan dengan....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement