Selasa 26 Sep 2023 13:46 WIB

Public Figure Laki-Laki yang Pernah Alami Pelecehan Seksual, dari Aktor Hingga Musisi

Pelecehan seksual tak hanya bisa dialami wanita, tapi juga dapat menimpa pria.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Dikta Wicaksono. Dikta menjadi salah satu artis yang pernah mengalami pelecehan seksual.
Foto: Dok. Instagram/@dikta
Dikta Wicaksono. Dikta menjadi salah satu artis yang pernah mengalami pelecehan seksual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Nadin Amizah belum lama ini buka suara perihal bagian tubuhnya yang disentuh di tengah kerumunan saat dia menghadiri Cihampelas Walk, Bandung, Jawa Barat. Dalam akun media sosialnya, dia menegaskan tidak ada siapa pun yang boleh menyentuh tubuhnya tanpa perizinannya.

Kasus Nadin sontak menghebohkan jagat maya. Ternyata, korban pelecehan tidak hanya dialami perempuan, tapi juga bisa menimpa laki-laki. Berikut ini daftar selebtas pria yang pernah mengalami pelecehan, mulai dari artis mancanegara hingga lokal:

Baca Juga

1. Brendan Fraser

photo
Brendan Fraser. - (EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN)

 

Aktor The Mummy ini mengaku pernah dilecehkan oleh Philip Berk, mantan presiden Hollywood Foreign Press Association pada 2003. Meskipun interaksi itu dianggap sebagai lelucon, tapi Fraser mengungkapkan tindakan Berk lebih dari itu.

“Tangan kirinya mengulurkan tangan, meraih pantatku, dan salah satu jarinya menyentuh. Dia mulai menggerakkannya," kata Fraser kepada GQ.

Tak disangka, kejadian itu memengaruhi kariernya. Bahkan, dia mengaku merasa depresi.

 “Saya menjadi depresi. Pengalaman itu membuat saya mundur dan saya merasa tertutup,” ujarnya.

2. Anthony Rapp

photo
Aktor Anthony Rapp. - (Dok EPA-EFE/PETER FOLEY)

 

Aktor Star Trek: Discovery mengatakan pada Oktober 2017 bahwa aktor Kevin Spacey melakukan pelecehan seksual terhadapnya ketika dia berusia 14 tahun. Rapp kala itu sedang saat berkunjung ke apartemen Spacey yang saat itu berusia 26 tahun.

Spacey membawa Rapp menuju ranjangnya dan menaiki Rapp. Menanggapi tuduhan ini, Spacey mengatakan permohonan maaf dan dia tidak ingat kejadian itu.

“Tetapi jika saya berperilaku seperti yang dia gambarkan, saya berhutang maaf yang tulus kepadanya atas perilaku mabuk yang sangat tidak pantas," tulis Spacey.

3. Terry Crews

photo
Terry Crews. - (Wikimedia)

 

Dilansir Insider, Selasa (26/9/2023), pada Oktober 2017, aktor Brooklyn Nine-Nine merinci pengalamannya yang mengalami kekerasan dan pelecehan seksual. Crews mengatakan bagian intimnya diraba-raba di sebuah acara pada tahun 2016.

“Saya memutuskan untuk tidak mengambil tindakan lebih jauh karena saya tidak ingin dikucilkan karena orang yang melakukannya memiliki kekuatan dan pengaruh. Saya membiarkannya pergi,” ucap dia.

4. Michael Gaston

photo
Aktor Michael Gaston. - (Dok Amazon Studios)

 

Aktor The Man in the High Castle membuat cicitan tentang kejadian yang menimpanya 25 tahun lalu. Saat berlatih untuk drama baru, seorang pria yang berkuasa di teater, mencengkeram selangkangannya. Meskipun tidak pernah mengeluh atas kejadian itu, dia merasa takut dan terhina.

5. Dikta Wicaksono

photo
Pradikta Wicaksono - (Instagram)

 

Awal tahun ini, Dikta ramai diperbincangkan oleh warganet Indonesia setelah dia diduga mengalami pelecehan seksual. Dalam sebuah rekaman yang viral di media sosial, terlihat Dikta sedang memegang alat kelaminnya dan meringis kesakitan. Diduga ada penggemar yang meremas alat kelaminnya setelah dia turun panggung.

6. Abidzar Al-Ghifari

photo
Abidzar Al-Ghifari. - (IDN Pictures.)

 

Putra almarhum Ustadz Jefri Al Buchori (Uje) pernah mengalami pelecehan seksual saat menghadiri salah satu kafe di Jakarta. Dalam unggahan Story Instagramnya pada tahun ini, dia membahas bahwa pelecehan bukan hanya dilakukan dari laki-laki ke perempuan, melainkan juga bisa sebaliknya.

“Barusan gw lagi nge lead karoke dan di situ pant*t gw ditoel dari belakang. Bukannya lebay atau baperan, tapi ada hal-hal yang sangat sensitif,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement