Jumat 22 Sep 2023 22:32 WIB

Pengunjung Anak Diajak Uji Pemahaman Sirah Nabawiyah di IBF 2023

Pemahaman Sirah Nabawiyah bantu mengenal kisah hidup Rasulullah SAW.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari
Sygma Daya Insani ajak pengunjung anak uji pemahaman tentang Sirah Nabawiyah di Islamic Book Fair (IBF) 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (22/9/2023).
Foto: Republika/ Umi Nur Fadhilah
Sygma Daya Insani ajak pengunjung anak uji pemahaman tentang Sirah Nabawiyah di Islamic Book Fair (IBF) 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (22/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Stan Sygma Daya Indani mengadakan kuis Sirah Nabawiyah untuk mengukur sejauh mana pemahaman pengunjung remaja terhadap kisah hidup Rasulullah SAW. Konsultan dari Sygma Learning Consultant, Sari Rose, berbicara tentang pentingnya uji pengetahuan ini terhadap generasi muda.

"Kegiatan kuis Sirah Nabawiyah ini jadi mengetahui seberapa jauh remaja mengenal Rasulullah SAW dari kisah hidup Rasulullah SAW. Kita tes pengetahuan anak-anak. Ada beberapa yang paham, mungkin karena sejak kecil dibacakan buku, jadi saat dewasa masih melekat,” kata Rose di Islamic Book Fair 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (22/9/2023).

Baca Juga

Pentingnya literasi dan pemahaman tentang Sirah Nabawiyah menjadi sorotan dalam kegiatan ini. "Kelihatan dari kecil di kasih literasi, jadi ketika sudah dewasa nempel. Beda dengan anak yang minim pemahaman literasi dan kurang soal Sirah Nabawiyah, jadinya dia hanya bisa menjelaskan standar saja, misal kelahiran Rasulullah SAW, dan sebagainya,” ujar Rose.

Pertanyaan-pertanyaan dalam kuis ini dikembangkan oleh Sygma Daya Insani, sebuah entitas yang fokus pada pendidikan Sirah Nabawiyah. "Ini fokus di Sirah Nabawiyah ya. Jadi bagaimana anak Muslim memahami Sirah Nabawiyah dengan kuat. Baca Alquran belum tentu Sirah Nabawiyah paham. Mereka paham dan bisa menjelaskan,” kata Rose.

Rose juga memberikan saran tentang pengenalan Sirah Nabawiyah sejak dini. Dia menyebutkan ada buku anak yang konsen tentang Sirah Nabawiyah mulai 0-7 tahun, 8-14 tahun, dan dewasa. Seluruh keluarga Muslim, menurut dia, wajib mengenalkan Sirah Nabawiyah.

“Kalau dari 0 tahun pakai metode read aloud,” ujar Rose.

Selain itu, Sari Rose menekankan pentingnya kesabaran dalam menyampaikan informasi kepada anak-anak. "Anak itu fitrah, masih bersih, jadi mudah dimasukkan informasi. Jadi Rasulullah akan dibawa ke karakternya,” kata Rose.

Kegiatan kuis Sirah Nabawiyah ini tidak hanya berfokus pada pengujian pengetahuan, tetapi juga memberikan hadiah kepada peserta. Rose menjelaskan ada lima pertanyaan. Yang bisa menjawab semua pertanyaan akan mendapatkan buku Muhammad Teladanku: Penakhluk Makkah. Yang tidak bisa menjawab akan mendapatkan stiker.

Dalam pengalaman Rose, anak-anak menunjukkan antusiasme yang besar terhadap kegiatan ini. "Anak sangat antusias,” ujar dia.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran tentang pentingnya pemahaman Sirah Nabawiyah, kegiatan seperti ini membantu generasi muda untuk mengenal dengan lebih baik kisah hidup Rasulullah SAW, yang juga melengkapi pemahaman mereka terhadap Alquran.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement