Sabtu 16 Sep 2023 08:47 WIB

Alasan Idol K-Pop Merokok, Ternyata Ada yang Alasannya demi Suara

Ada 2 alasan paling umum mengapa idol K-pop merokok.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop saat konser (ilustrasi). Sebagian bintang K-pop merokok atau ngevape ternyata demi memproleh suara rendah.
Foto: AP Photo/Korea Pool
Grup K-pop saat konser (ilustrasi). Sebagian bintang K-pop merokok atau ngevape ternyata demi memproleh suara rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bertahun-tahun, banyak bintang Korea Selatan yang kedapatan sedang merokok atau terlihat membawa vape. Apa yang membuat merokok begitu umum di kalangan para idol namun secara bersamaan mereka juga tidak ingin terlihat merokok di publik?

Dilansir laman Koreaboo, sebuah video Tiktok pada Juni 2023, memperlihatkan mantan trainee K-pop Bianca Zhou mengungkapkan dua alasan paling umum mengapa bintang K-pop merokok atau menghisap vape. “Merokok sebenarnya cukup umum, lebih umum daripada yang orang-orang pikirkan,” kata Bianca, yang berlatih bersama pelatih SM Entertainment dan YG Entertainment.

Baca Juga

Meskipun ganja dilarang keras di Korea, negara tersebut memiliki budaya seputar merokok dan vaping nikotin. “Selain itu, banyak idol K-Pop berasal dari negara lain seperti Cina, Amerika Serikat, dan Jepang, yang budaya merokoknya lebih lazim,” kata Bianca lagi.

Tapi mengapa para idol yang mata pencahariannya bergantung pada vokal, tetap bisa tampil memukau, mengingat betapa berbahayanya merokok dan vape bagi kesehatan mereka? Menurut mantan trainee tersebut, bagi idol pria, yang terpenting adalah mencapai nada rendah. Beberapa bintang boy group percaya bahwa merokok dapat menurunkan satu atau dua oktaf suara mereka, menambah kesan serak yang diinginkan, atau bahkan membantu mereka memancarkan aura yang lebih dewasa.

 

“Merokok merupakan hal yang lumrah bagi seorang penyanyi, terutama bagi para idol dan trainee pria. Banyak idol dan trainee pria berpikir bahwa merokok akan membantu merendahkan suara mereka dan memberikan nada yang lebih dalam, meskipun sebenarnya tidak,” ucap Bianca.

Alasan lainnya, menurut Bianca, bersifat universal di kalangan idol semua jenis kelamin. “Beberapa idol menggunakan nikotin agar tetap terjaga selama berjam-jam syuting dan latihan menari,” ucap dia.

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa jadwal selebritas di Korea bisa jadi sangat berat. Mantan trainee itu melanjutkan dengan mengatakan bahwa syuting video musik dapat berlangsung hingga dini hari, dari pukul 04.00 hingga 06.00 pagi, dan mayoritas sebagai idol K-pop, tampil hanyalah menunggu di belakang panggung.

“Ada stereotip dalam industri hiburan yang disebut 'cepat dan tunggu'. Di situlah mereka ingin bergegas ke mana pun, tetapi ketika sampai di sana, mereka harus menunggu,” ujar Bianca.

Jadi, banyak trainee dan idol yang mungkin merokok hanya untuk membangunkan diri mereka sendiri. Somyi, mantan anggota DIA, pernah membalas para penggemar yang mengkritiknya karena mengunggah foto dirinya sedang merokok di Instagram.

Wajar jika banyak penggemar yang khawatir saat mengetahui idola favoritnya merokok atau ngevape, meski hanya sesekali. Risiko merokok sudah terdokumentasi dengan baik, dan siapa pun dapat menderita dampak buruknya.

Bianca meyakini bahwa tugas fans bukan untuk mengawasi idola mereka, dan penggemar harus menerima bahwa idol dan trainee juga manusia, namun banyak yang terus mengambil sikap menentang kebiasaan tersebut. Beberapa idol yang terang-terangan menunjukkan dirinya merokok adalah Taeyong NCT yang pernah kedapatan sedang menggenggam vape pada awal tahun ini, Johnny NCT juga jadi sorotan ketika dalam sebuah foto ada vape yang tergeletak di sofa dan itu diduga miliknya.

Yang paling menghebohkan juga adalah V BTS yang sudah cukup sering kedapatan sedang ngevape, dan dia memang memiliki suara yang deep. Anggota boygrup lain seperti beberapa anggota dari Bigbang, Shinee, EXO, dan TVXQ, juga pernah kedapatan sedang merokok. Yang terbaru dan menghebohkan yaitu Jungkook BTS.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement