Kamis 07 Sep 2023 20:48 WIB

Ini Alasan Orang Tua Harus Punya Emoji Rahasia dengan Anak

Eemoji rahasia bisa menyelamatkan situasi darurat yang mungkin menimpa anak.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa situasi di mana anak Anda tidak dapat melakukan panggilan telepon. Saat itulah emoji rahasia bisa menyelamatkan situasi./ilustrasi
Foto: Gizmodo
Ada beberapa situasi di mana anak Anda tidak dapat melakukan panggilan telepon. Saat itulah emoji rahasia bisa menyelamatkan situasi./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda memiliki anak, membicarakan keadaan darurat menjadi hal yang penting. Bagian yang tidak boleh dilewatkan dari rencana itu adalah bagaimana mereka mengingatkan Anda jika mereka dalam kondisi bahaya saat Anda tidak ada.

Kebanyakan anak-anak membawa ponsel di saku mereka. Namun, mungkin ada beberapa situasi di mana anak Anda tidak dapat melakukan panggilan telepon. Saat itulah emoji rahasia bisa menyelamatkan situasi.

Baca Juga

Dalam keadaan darurat, emoji tidak terlalu mencolok dibandingkan kata atau frasa yang dapat memberi isyarat kepada orang lain jika anak sedang mencari bantuan. Jadi, jika anak tidak dapat menelepon atau seseorang memperhatikannya mengirim pesan, emoji dapat berfungsi sebagai sinyal marabahaya yang sempurna.

Saat memilih emoji rahasia terbaik, pastikan emoji tersebut mudah diingat dan bukan emoji yang sering digunakan. Anda juga harus menghindari emoji yang umum digunakan, seperti hati atau wajah tersenyum.

Emoji hewan adalah pilihan yang bagus, terutama yang lebih eksotis, misalnya gurita. Memilih emoji rahasia mungkin tampak seperti tugas yang cepat, tetapi penting untuk mengajak keluarga duduk bersama anak-anak Anda mendiskusikan rencana tersebut.

Sampaikan bahwa itu hanya boleh digunakan dalam keadaan darurat. Anda juga harus menjelaskan tanggapan apa yang diharapkan anak jika mereka menggunakannya. Misalnya, saat mereka mengirimi Anda emoji, apakah Anda akan menindaklanjutinya dengan panggilan telepon? Jika iya, apa yang akan kamu katakan?

Salah satu saran yang bagus adalah segera menelepon anak Anda dan memberi tahu mereka bahwa mereka harus pulang secepatnya. Bergantung pada apa yang terjadi, langkah lain yang dapat Anda ambil sebagai orang tua adalah menghubungi pihak berwenang atau menghubungi orang dewasa tepercaya di sekitar.

Berikut beberapa poin penting dalam menyusun rencana emoji rahasia bersama keluarga Anda, dilansir Daily Mail, Kamis (7/9/2023):

-Emoji rahasia adalah alternatif yang bagus untuk panggilan darurat atau SMS standar. Hal ini kurang terlihat jelas bagi pelakunya dan pesannya dapat tersampaikan dengan cepat.

-Pilih emoji yang jarang Anda dan keluarga gunakan. Namun, jangan memilih emoji yang terlalu tidak jelas. Hewan bisa menjadi opsi tepat.

-Setelah Anda memutuskan emoji rahasia, ajak anak Anda duduk dan diskusikan rencananya. Sertakan tindakan yang akan Anda ambil jika mereka harus menggunakannya.

-Ganti emoji jika Anda menemukan seseorang benar-benar menggunakan emoji yang Anda pilih untuk tujuan lain.

-Sangat penting untuk bersiap menghadapi keadaan darurat. Menambahkan emoji rahasia ke rencana keselamatan keluarga Anda secara keseluruhan adalah ide yang cerdas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement