Kamis 07 Sep 2023 09:39 WIB

Makanan yang tanpa Disadari Jadi 'Magnet' Tikus Masuk ke Rumah

Penting untuk mengetahui makanan apa yang menarik tikus ke dalam rumah.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Cokelat (ilustrasi). Beberapa makanan bisa menarik tikus ke dalam rumah.
Foto: www.freepik.com
Cokelat (ilustrasi). Beberapa makanan bisa menarik tikus ke dalam rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa jenis makanan yang Anda simpan di dapur tanpa disadari bisa menjadi magnet bagi hewan pengerat seperti tikus. Jika sedang berusaha melawan serangan hama atau hanya ingin mencegahnya, penting untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang menarik tikus ke dalam rumah.

Dilansir laman Best Life pada Rabu (6/9/2023), berikut daftar delapan makanan yang bisa menarik tikus:

1. Cokelat

Menyimpan camilan cokelat di lemari menjadi sebuah kebiasaan bagi pencinta makanan manis. Namun, menurut perusahaan pengendali hama dan rayap berpengalaman lebih dari 95 tahun, Terminix, cokelat adalah makanan yang paling disukai tikus. Pertimbangkan untuk menyimpannya dalam wadah plastik kedap udara yang dapat mencegah tikus masuk ke dalam cokelat.

 

2. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur-sayuran adalah bagian penting dari pola makan manusia, tapi ternyata produk-produk segar ini juga bisa menarik perhatian hewan pengerat. Tikus sangat menyukai makanan alami seperti buah-buahan dan beri. Pastikan untuk menjaga agar tidak ada buah yang busuk atau sisa-sisa buah tertinggal di sekitar dapur.

3. Kacang

Kacang adalah makanan pokok di lemari dapur, tapi sayangnya, ini juga sangat disukai oleh tikus. Tikus menyukai berbagai jenis kacang, seperti kacang tanah, kenari, almond, dan lainnya. Pastikan untuk menyimpan kacang dengan benar dalam wadah atau tas tertutup.

4. Selai kacang

Setelah cokelat, selai kacang adalah makanan favorit kedua tikus. Selai kacang mengandung protein dan karbohidrat yang merupakan kombinasi sempurna bagi tikus. Simpan selai kacang di tempat yang tinggi dan dalam stoples kedap udara daripada di bagian bawah dapur.

5. Biji-bijian

Biji-bijian menjadi andalan dapur, tapi menyimpannya di sana bisa memberi tikus persediaan makanan favorit. Pastikan untuk menyimpan biji-bijian seperti beras, quinoa, popcorn, biji chia, lentil, biji bunga matahari, faro, dan jelai dalam stoples kaca kedap udara atau wadah plastik.

6. Sereal dan granola

Tikus terkadang lebih suka karbohidrat daripada protein, tergantung pada kekurangan tubuh mereka. Makanan seperti sereal, granola, atau biskuit sangat menggiurkan bagi mereka. Simpan makanan ini dalam wadah tupperware atau kaca yang kedap udara.

7. Daging

Meskipun tikus jarang masuk ke dalam lemari es, daging tetap menjadi daya tarik jika sisa-sisa daging dibiarkan di tempat sampah. Pastikan untuk membuang sisa daging dalam kantong sampah tertutup dan buang ke tempat sampah sesegera mungkin.

8. Makanan hewan peliharaan

Pastikan untuk tidak meninggalkan makanan hewan peliharaan di lantai atau di tempat terbuka yang bisa diakses oleh tikus. Simpan makanan hewan peliharaan dalam wadah plastik untuk mencegah bau yang menarik tikus.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement