Selasa 05 Sep 2023 08:16 WIB

V BTS Bikin Postingan Mural Palestina Karya Seniman Banksy

Di unggahan IG, V BTS terlihat replikasi karya Banksy terkenal yaitu Flower Thrower.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Qommarria Rostanti
V BTS. V mengunggah karya tentang Palestina karya seniman mural Banksy.
Foto: BigHit Entertainment
V BTS. V mengunggah karya tentang Palestina karya seniman mural Banksy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu personel BTS, V, mengunggah sejumlah foto di Instagram Stories-nya pada Senin (5/9/2023). Salah satu unggahannya menunjukkan karya seni dari seniman mural anonim asal Inggris yang dikenal dengan nama Banksy.

Tanpa menuliskan keterangan apapun dalam unggahan tersebut, V BTS mengunggah tiga foto dan satu video melalui Instagram centang biru dengan pengikut lebih dari 61 juta itu. Pada unggahan terakhir terlihat karya Banksy yang terkenal, yaitu Flower Thrower.

Baca Juga

Pada foto tersebut, terlihat bayangan V tengah berpose menunjukkan gaya "peace" atau perdamaian. Karya tersebut diduga bukan karya asli yang dilukis Banksy di perbatasan West Bank atau Tepi Barat, Palestina, melainkan Flower Thrower yang telah direplikasi di banyak negara, salah satunya di London, Inggris.

Karya Banksy berjudul Rage Flower Thrower itu menunjukkan seorang warga Palestina yang tampak marah mengenakan masker, mengenakan topi terbalik dan kaus panjang hitam sambil melemparkan seikat bunga. Karya ini dianggap sebagai salah satu karya Banksy yang paling ikonik dan telah direplikasi secara luas.

 

Flower Thrower dilukis Banksy di Tepi Barat pada 2003 dan mendapat julukan "West Banksy". Mural tersebut pertama kali muncul di dinding di sisi garasi di jalan raya Beit Sahour di seberang dealer mobil Citroen/Peugeot.

Pria dan bunganya dibuat dalam warna hitam putih. Bunga dan batang yang menonjol dari bungkusnya dibuat berwarna. Potret tersebut mengingatkan kita pada gambaran kerusuhan jalanan dan kampus pada tahun 1960-an. Kemarahan dan frustasi terlihat pada postur pria tersebut saat ia mencoba mengebom tempat tersebut dengan bunga.

Karya tersebut melambangkan perdamaian di tengah kekerasan yang dialami warga Palestina oleh Israel. Banksy kerap membuat karya yang mengandung kritik dan protes terhadap kebijakan pendudukan Israel atas Palestina.

Pada 2018, dia pernah membuat sebuah replika tembok pemisah Israel untuk mempromosikan Walled Off Hotel. Banksy juga sempat membuat poster yang menggambarkan anak-anak Palestina bermain untang-anting mengelilingi menara pengawas pasukan Israel. Di poster itu Banksy menulis "Visit Historic Palestine; The Israeli Army Liked It So Much, They Never Left!". Mengingat kepopuleran dan ketenarannya di dunia seni, karya-karya Banksy telah sangat membantu mengangkat kesadaran masyarakat internasional tentang ketidakadilan dan kebijakan agresif Israel terhadap Palestina.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement