Jumat 01 Sep 2023 19:16 WIB

Republika Gelar 'Brewing Competition 2023', Wujud Kepedulian pada Kopi Indonesia

Indonesia Manual Brewing Competition 2023 digelar pada Sabtu (2/9/2023).

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Pengumuman lomba Indonesia Manual Brewing Competition 23 yang digagas Republika berkolaborasi dengan Jakarta Coffee Learning.
Foto: Dok Republika
Pengumuman lomba Indonesia Manual Brewing Competition 23 yang digagas Republika berkolaborasi dengan Jakarta Coffee Learning.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang "Indonesia Manual Brewing Competition 2023" siap digelar di Marketing Gallery Vasaka Solterra, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Sabtu (2/9/2023). Kegiatan digagas oleh Republika.co.id, berkolaborasi dengan lembaga pelatihan kopi Jakarta Coffee Learning.

Kompetisi brewing kopi manual berbasis V60 tersebut dibuka untuk umum, dengan kuota peserta maksimal 32 orang. Brewer pemula hingga barista profesional bisa ikut serta untuk memperebutkan hadiah jutaan rupiah.

Baca Juga

Juara pertama akan mendapatkan uang Rp 3 juta serta piala dan sertifikat. Juara kedua mendapat hadiah Rp 1,5 juta plus sertifikat, juara ketiga mendapat hadiah sebesar Rp 1 juta plus sertifikat, serta hadiah juara harapan sebesar Rp 500 ribu plus sertifikat.

Terdapat empat juri yang dilibatkan pada "Indonesia Manual Brewing Competition 2023". Mereka adalah Aldi Rifaldi (Q Arabica Grader dari Fulfill Coffee Roasters), Endrik Wijaya (Q Arabica Grader), Helmy Amien (Barista Trainer dari Helnorm Coffee & Roastery), dan Azay (Coffeelabs).

Menurut Helmy Amien, "Indonesia Manual Brewing Competition 2023" bukan sekadar kompetisi menyeduh kopi. "Tapi, juga bercerita tentang kopi Indonesia, karena di event luar biasa ini peserta tidak hanya diuji kemampuan menyeduh kopi tapi juga sejauh mana dia mengenal kopi itu sendiri," ujarnya.

"Indonesia Manual Brewing Competition 2023" merupakan rangkaian perayaan milad ke-28 Republika.co.id. yang diperingati pada 17 Agustus 2023. Setiap tahunnya, peringatan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan edukasi, lomba, dan penyerahan penghargaan.

Ketua panitia rangkaian HUT ROL ke-28, Indira Rezkisari, menyampaikan bahwa tahun ini Republika.co.id menggelar serangkaian kegiatan dalam tema besar "Berdaya Bersama Anak Bangsa". "Indonesia Manual Brewing Competition 2023" masuk dalam rangkaian kegiatan milad tersebut.

Indira mengatakan, "Indonesia Manual Brewing Competition 2023" merupakan wujud kepedulian Republika terhadap kopi Tanah Air. Selama ini, Republika pun sudah memiliki perhatian besar terkait perkembangan budaya kopi di Tanah Air. Hal itu terlihat dengan dihadirkannya serial film dokumenter bertajuk Ekspedisi Republikopi pada 2022 serta berbagai karya lain.

"Kali ini, kami mau menggaet komunitas kopi, dalam bentuk manual brew competition. Harapannya, dari ajang seperti ini bisa menumbuhkan dan meningkatkan awareness masyarakat terhadap komoditas andalan Tanah Air, yaitu kopi. Supaya semakin banyak orang yang pandai menyeduh kopi dan semakin mengekplorasi ragam biji kopi di Indonesia," kata Indira.

Selain kompetisi seduh kopi manual, digelar pula lomba menulis bertema "AI, Ancaman atau Tantangan" serta Republika CSR Award 2023. Ajang penghargaan CSR Award memberikan apresiasi atas kontribusi perusahaan-perusahaan nasional terhadap masyarakat melalui program dan kemitraannya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement