Kamis 31 Aug 2023 22:53 WIB

Tanda Bahaya Kanker Pankreas yang Sering Terabaikan

Sekitar 80 persen kanker pankreas baru terdiagnosis saat sudah stadium lanjut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita menderita kanker pankreas (ilustrasi). Ada beberapa tanda bahaya kanker pankreas yang sering diabaikan.
Foto: Flickr
Seorang wanita menderita kanker pankreas (ilustrasi). Ada beberapa tanda bahaya kanker pankreas yang sering diabaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker pankreas merupakan salah satu jenis kanker yang dikenal paling mematikan. Pasien yang terdiagnosis dengan kanker pankreas memiliki tingkat kelangsungan hidup atau survival rate dalam lima tahun sebesar 11,5 persen, menurut National Cancer Institute.

Menurut Johns Hopkins Medicine, kanker pankreas sebenarnya bisa memiliki prognosis yang lebih baik bila terdiagnosis lebih awal. Sayangnya, kanker pankreas baru menunjukkan gejala yang signifikan setelah berkembang menjadi stadium lanjut.

Baca Juga

Johns Hopkins Medicine mengungkapkan, sebagian besar atau sekitar 80 persen kasus kanker pankreas baru terdiagnosis saat sudah memasuki stadium lanjut. Pada tahap ini, kanker pankreas lebih sulit untuk diobati dan diterapi.

Meski begitu, Pancreatic Cancer UK mengungkapkan bahwa tubuh bisa memberikan sinyal yang samar atau "red flag" ketika terjangkit oleh kanker pankreas. Sinyal yang samar tersebut adalah asthenia.

Secara umum, asthenia dikenal juga sebagai kelemahan fisik. Kondisi ini ditandai dengan minimnya energi pada bagian tubuh tertentu, seperti lengan dan kaki, atau pada seluruh tubuh.

Orang yang mengalami asthenia bisa merasa lemah hampir sepanjang waktu, atau bahkan setiap hari. Pada orang dengan asthenia, aktivitas sehari-hari yang biasa bisa terasa lebih berat untuk dilakukan.

Menurut studi dalam jurnal Clinical and Translational Oncology, asthenia merupakan salah satu tanda kanker pankreas yang paling umum. Studi ini menemukan bahwa sekitar 86 persen pasien kanker pankreas mengalami gejala ini.

Menurut tim peneliti, memerhatikan beragam tanda peringatan dengan lebih seksama bisa membantu pasien kanker pankreas terdiagnosis lebih awal. Dengan begitu, mereka bisa memiliki prognosis yang lebih baik melalui terapi pengobatan.

Selain asthenia, Pancreatic Cancer UK mengungkapkan ada beberapa tanda peringatan lain yang bisa berkaitan dengan kanker pankreas. Berikut ini adalah tanda-tanda peringatan tersebut, seperti dilansir Express pada Kamis (31/8/2023):

1. Sakit kuning, bagian putih mata atau kulit terlihat menguning

2. Kulit gatal, urine terlihat lebih gelap, dan feses tampak lebih pucat dari biasanya

3. Penurunan nafsu makan atau penurunan berat badan tanpa sebab

4. Merasa lelah atau tidak berenergi

5. Demam, merasa panas, atau menggigil

6. Mual atau muntah

7. Diare, sembelit, atau perubahan lain pada feses

8. Sakit pada bagian atas perut dan juga punggung, rasa sakit akan memburuk saat makan atau berbaring dan membaik saat berdiri

9. Muncul keluhan pencernaan, seperti merasa kembung

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement