Sabtu 26 Aug 2023 00:59 WIB

Hidup dengan Satu Ginjal, Ini Kiat Agar Tetap Sehat

Tidak masalah hidup dengan satu ginjal asalnya ginjal yang bertahan masih sehat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Baik hidup dengan dua atau satu ginjal, kita memerlukan pola hidup sehat untuk memelihara dan menjaga kesehatan seutuhnya termasuk kesehatan ginjal.  (ilustrasi)
Foto: Healthliving
Baik hidup dengan dua atau satu ginjal, kita memerlukan pola hidup sehat untuk memelihara dan menjaga kesehatan seutuhnya termasuk kesehatan ginjal. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Tak jarang ada orang yang terpaksa hidup dengan satu ginjal. Namun menurut pakar, tidak masalah hidup dengan satu ginjal asalnya ginjal yang bertahan masih sehat. Namun tetap saja ada risiko di balik itu semua. Lalu bagaimana caranya menurunkan risiko yang disebabkan oleh hidup dengan satu ginjal?

Konsultan ginjal hipertensi Eka Hospital BSD, dr Tunggul Diapari Situmorang, SpPD-KGH menegaskan tidak perlu khawatir karena kebanyakan kasus orang yang hidup dengan satu ginjal menunjukkan kualitas hidup yang baik. "Risiko-risiko ini hanya bisa terjadi jika upaya dalam menjaga kesehatan ginjal tidak dilakukan dengan baik," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (25/8/2023). 

Baca Juga

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko yang bisa terjadi karena hidup dengan satu ginjal:

1. Memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik sesuai dengan rekomendasi dokter. 

Umumnya untuk kebutuhan dasar jumlah cairan yang diperlukan adalah 30 cc/kg berat badan. Tentunya kebutuhan ini bertambah bila ada aktivitas misal olahraga atau peningkatan suhu.

 

2. Menjaga pola makan sehat dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi garam dan fosfor yang akan menambah beban ginjal.

3. Membatasi minuman manis sehingga kerja ginjal tidak terlalu keras.

4. Menghindari aktivitas fisik yang berlebihan atau olahraga berat seperti sepak bola, panjat tebing, atau olahraga yang melibatkan kerja otot-otot, karena akan meningkatkan beban dan risiko kerusakan ginjal.

5. Berhenti konsumsi rokok dan alkohol karena buruk untuk kesehatan secara umum termasuk kesehatan ginjal.

6. Secara berkala lakukan konsultasi dan pemerikaan medical check-up (MCU) sesuai umur. "Jika hidup dengan dua ginjal sehat adalah sempurna, maka hidup dengan satu ginjal sehat adalah cukup," ujarnya.

Yang jelas, menurutnya, baik hidup dengan dua atau satu ginjal, memerlukan pola hidup sehat untuk memelihara dan menjaga kesehatan seutuhnya termasuk kesehatan ginjal. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement