Kamis 17 Aug 2023 10:00 WIB

Berkenalan dengan Vina, MUA Tuli yang Kini Dalami Make Up Art

Hobi make up Vina memberinya kesempatan mendapat tambahan uang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Make up artist yang juga penyandang disabilitas Vincentia A Paulo (kiri) saat merias Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia di Jakarta, Selasa (1/8/2023).
Foto: Republika
Make up artist yang juga penyandang disabilitas Vincentia A Paulo (kiri) saat merias Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia di Jakarta, Selasa (1/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Teman tuli Vincentia A Paulo (33 tahun) tidak pernah semangat meski terlahir dengan keterbatasan. Perempuan yang akrab disapa Vina itu merupakan seorang make up artist (MUA) yang sudah memiliki ribuan pengikut di media sosial.

Awalnya Vina mulai belajar dandan secara otodidak. Dia kemudian mulai mengikuti beberapa workshop rias wajah untuk menambah ilmu. Setelah itu, Vina mulai mengunggah konten make up di media sosial. Tak disangka, ternyata kontennya banyak digemari orang.

Baca Juga

Vina pun mulai merambah make up art. “Saya coba make up art karena penasaran berseliweran di media sosial. Tenyata sulit juga ya tapi saya terus belajar supaya bisa tanpa menyerah. Lalu saya coba kontenin di media sosial, iseng-iseng. Nggak nyangka banyak orang yang suka,” ujar dia, kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Hasrat Vina dalam dunia make up juga didukung oleh keluarga, teman, dan mendiang suaminya. Menurut Vina, mereka membuat dirinya selalu percaya diri.

Selain itu, dia juga berterima kasih kepada Koordinator Pelatihan Prempuan Tangguh Indonesia (PTI) Susie Sahroni yang telah memberikan dukungan dan kesempatan untuk mendapat pengalaman make up artist lebih banyak. Kini Vina menjadikan hobinya di bidang make up untuk menghasilkan uang tambahan. Selain sebagai freelance make up artist, dia juga bekerja sebagai barista di Kafe Sunyi.

Meskipun sudah bertahun-tahun terjun dalam dunia make up, Vina mengaku banyak tantangan yang harus dia hadapi. “Tantangan terbesar menjadi MUA adalah membuat wajah seseorang terlihat cantik dan menawan dengan balutan make up dari tangan terampil. Mengetahui detail teknik dalam ber-make up juga penting,” ucapnya.

Vina sebenarnya mengenal dunia make up sejak duduk di bangku SMA. Karena mulai jatuh cinta, Vina perlahan mau tampil lebih feminin. Terkadang, sang ibu juga membantunya memberikan pensil alis dan lipstik. Dari situ lah bakat sebagai make up artist Vina terasah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement