Ahad 13 Aug 2023 08:20 WIB

Bahaya Penggunaan Asbes untuk Atap Rumah

Pastikan atap rumah Anda tidak terbuat dari asbestos.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Warga memperbaiki atap rumah yang terdampak angin puting beliung. Atap rumah yang menggunakan asbes dapat picu kanker paru.
Foto:

Selain itu, dr Eddy menuturkan penggunaan asbes untuk rumah sekarang sudah sangat jarang sekali. Menurutnya, asbes lebih banyak digunakan untuk isolasi pipa panas atau material-material untuk percetakan dan sebagainya.

"Itu juga perawatannya harus ketat sekali, bahkan pekerja-pekerja itu dilakukan pemeriksaan rontgen khusus, rontgen ilo-radiografer," katanya.

Ada dua format MSDS, yakni format OSHA dan ANSI. Isi MSDS OSHA from 174 adalah chemical identity atau identitas kimia yang terdiri dari nama pabrik, informasi bisa dihubungi, berisikan tentang kandungan bahaya/identity information, karakteristik fisik/kimia, data-data tentang bahaya kebakaran dan bahaya mudah meledak, data-data reaktivitas, data-data bahaya kesehatan, penanganan dan pemakaiannya untuk keselamatan, dan ukuran-ukuran pengawasan.

Sedangkan isi MSDS ANSI adalah identitas zat dan informasi tentang pabrik. Itu terdiri dari berisi tentang komposisi kimia dan data komponennya, identifikasi tentang bahaya, cara-cara pertolongan pertama, cara-cara melawan/mengatasi kebakaran, cara-cara menghindari kecelakaan, penyimpanannya dan penangannya, pengawasan keterpaan dan proteksi diri, sifat-sifat fisika dan kimia, stabilitas dan reaktivitasnya, informasi tentang bahaya racun, ecological information, pertimbangan cara pembuangannya, informasi tentang transportasinya, peraturan-peraturan, dan informasi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement