Kamis 10 Aug 2023 19:30 WIB

Kisah Cillian Murphy Gagal Casting Jadi Batman, 'Kalah' dari Christian Bale

Meski tak jadi Batman. Cillian Murphy tetap bermain di The Dark Knight.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor Cillian Murphy. Dia pernah ikut casting menjadi Batman di film The Dark Knight, tetapi kalah dari Christian Bale.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Aktor Cillian Murphy. Dia pernah ikut casting menjadi Batman di film The Dark Knight, tetapi kalah dari Christian Bale.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum aktor Cillian Murphy membintangi film Oppenheimer karya sutradara Christopher Nolan, dia pernah mengikuti casting (audisi) untuk memerankan Batman dalam trilogi Dark Knight (2008) yang juga dibesut oleh sineas tersebut. Namun Murphy tidak mendapat peran Batman, meski sebelumnya pernah bekerja sama dengan Nolan di Batman Begins tahun 2005 untuk peran karakter penjahat Scarecrow.

Dalam penampilan Murphy baru-baru ini di WTF dengan podcast Marc Maron, aktor Irlandia berusia 47 tahun itu mengenang kembali momen casting tersebut. Kala itu, ia menyadari bahwa dirinya tidak cocok, bahkan salah jika harus memerankan Bruce Wayne alias Batman. 

Baca Juga

Hal itu juga disadarinya setelah ia mencoba menggunakan kostum yang dikenakan Val Kilmer untuk Batman Forever tahun 1995. Pembawa acara Marc Maron bertanya bagaimana dia pertama kali bertemu dengan Nolan, film maker yang kini berusia 52 tahun. 

"Jadi, itu 20 tahun yang lalu. Saya pikir dia pernah menonton 28 Days Later, sebenarnya," kata Murphy, seperti dilansir laman People, Kamis (10/8/2023).

Murphy mengatakan, ia dan Nolan bertemu di Los Angeles, Amerika Serikat. Kemudian dengan beberapa alasan, Nolan tampaknya ingin Murphy mengikuti tes untuk Batman, yang bahkan keduanya sudah mengira bahwa itu adalah pilihan salah.

"Tapi saya melakukan tes, dan kemudian dia melihat sesuatu di dalamnya dan memilih saya sebagai Scarecrow (di Batman Begins) dan kami terus membuat film bersama," kata Murphy selama penampilan podcast.

Ketika ditanya alasan mengapa dia tidak cocok untuk peran Batman, Murphy menjawab, "Saya kira saya bukan spesimen fisik untuk memerankan Bruce Wayne”.

Akhirnya, aktor Christian Bale yang akhirnya terpilih untuk karakter Bruce Wayne di film The Dark Knight. Menurut Murphy, Bale memiliki dedikasi tinggi saat mendalami peran Batman. Murphy menganggap Bale mendefinisikan peran sebagai Batman.

Film Batman Forever dibuat untuk film Batman live-action terakhir yang membuat semua aktor dalam audisi untuk peran tersebut harus mengenakan setelan Kilmer dari film itu. Murphy mengibaratkan rasa yang kurang nyaman ketika dirinya mengenakan kostum tersebut.

Murphy akhirnya muncul sebagai penjahat Scarecrow di masing-masing dari tiga film Dark Knight milik Nolan. Dia kemudian memainkan peran pendukung dalam beberapa film Nolan lainnya, termasuk Inception dan Dunkirk, sebelum kembali bekerja sama dengan Nolan untuk peran utama Oppenheimer pada 2023.

"Itu tidak benar. Itu tidak benar," kata Murphy kepada Maron tentang audisi Batman-nya.

"Bayangkan ini, saya akan mencoba setelan, setelan Batman, di lot (Warner Bros), dan melakukan tes layar untuk Christopher Nolan. Hanya itu harapan saya saat itu,” ujar Murphy.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement