Rabu 02 Aug 2023 23:25 WIB

Temukan Titik Lemah Virus Corona, Ilmuwan Singkap Antibodi yang Bikin Keok Semua Varian

Covid-19 disebabkan oleh infeksi SARS-CoV-2, virus corona tipe baru.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Virus corona (ilustrasi). Peneliti berhasil mengungkap titik lemah virus corona.
Foto:

Sementara itu, Prof Patrick Tan, yang merupakan wakil dekan senior untuk penelitian itu, mengapresiasi upaya kolaboratif yang dipimpin oleh Prof Wang dan timnya. Menurutnya, itu dapat memperluas kemampuan para ilmuwan dalam melindungi dari ancaman virus corona yang saat ini mengancam kesehatan manusia serta virus baru yang mungkin muncul di masa depan.

 

"Ini menggarisbawahi peran penting penelitian sains dasar dalam memajukan pengetahuan, dengan tujuan menemukan pendekatan baru untuk mengubah pengobatan dan meningkatkan kualitas hidup," kata Prof Tan.

 

Pasien berusia 51 tahun itu menerima suntikan BioNTech/Pfizer pada Januari hingga Februari 2021. Setelah plasmanya dikumpulkan, sel mononuklear darah tepi diekstraksi dan cryopreserved kemudian diwarnai untuk tetramer SARS-CoV RBD (SC1) dan SARS-CoV-2 RBD (SC2).

 

Penelitian ini juga melibatkan ilmuwan dari National University of Singapore, University of Melbourne di Australia, dan Fred Hutchinson Cancer Research Center di Amerika Serikat. Penelitian telah dipublikasikan di jurnal Science Advances.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement