Rabu 02 Aug 2023 18:48 WIB

Youtube Kenalkan Enam Fitur Baru, Bikin Shorts Jadi Lebih Mudah

Ada enam fitur baru yang bikin video pendek Short jadi mudah dan menyenangkan.

Youtube Shorts memiliki enam fitur baru.
Foto: Youtube
Youtube Shorts memiliki enam fitur baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Youtube memperkenalkan enam fitur baru untuk membuat konten video pendek Shorts menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Produk video pendek Shorts pertama kali dikenalkan sekitar 2021 dan kini telah menarik lebih dari dua miliar pengguna bulanan.

Melalui blog resmi, Youtube mengumumkan enam fitur baru yang siap meluncur dalam beberapa minggu ke depan. Salah satunya ialah fitur mengubah video horizontal menjadi video Shorts vertikal.

Baca Juga

Keenam fitur baru itu, yang memungkinkan pembuat konten Shorts untuk menyesuaikan tata letak, memperbesar, dan memotong segmen video yang dipilih dan menawarkan efek layar terbagi, tengah diuji coba. Fitur mengubah video horizontal menjadi video vertikal memungkinkan pengguna untuk mempertahankan bagian penting dari video mereka yang lebih panjang.

Selanjutnya, ada juga fitur Collab, fitur yang memungkinkan kreator merekam video Shorts dalam format berdampingan dengan video YouTube atau Shorts lainnya. Fitur itu menawarkan berbagai opsi tata letak, seperti pengaturan layar terbagi vertikal atau horizontal dengan demikian pengguna bisa lebih nyaman menyesuaikan kebutuhannya.

 

Fitur ketiga ialah stiker Q&A, dengan fitur itu kreator bisa berinteraksi dengan penontonnya dengan mengajukan pertanyaan dan menerima tanggapan di bagian komentar. Itu akan menjadi cara baru yang menyenangkan untuk berinteraksi bagi kreator dan pelanggannya.

Youtube juga memberikan fitur Live Streaming, kini kreator bisa melakukan siaran langsung dan berbagi pengalaman dengan para pelanggannya lewat bentuk video vertikal seperti Shorts. Fitur itu tengah diuji coba dan kreator yang tengah bersiaran langsung akan terlihat di bagian feed Shorts. Penonton yang menjadi bagian dari pengujian dapat melihat sekilas video live vertikal yang digabungkan ke dalam feed Shorts.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement