Rabu 02 Aug 2023 17:30 WIB

TikToker Diprotes karena Memasak Ayam Tanpa Dicuci, Bagaimana Seharusnya?

Sebagian orang ada yang tidak mencuci ayam sebelum dimasak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penjual memotong daging ayam untuk pelanggan di Pasar Prawirotaman, Yogyakarta, Senin (29/5/2023). Harga daging ayam di pasar-pasar tradisional Yogyakarta masih bertahan dengan harga tinggi. Setiap kilogram daging ayam potong dijual di kisaran harga Rp 36 ribu hingga Rp 40 ribu perkilogram tergantung ukuran. Pedagang khawatir turunnya daya beli masyarakat dengan harga daging ayam yang masih tinggi. Kenaikan harga daging ayam bersamaan dengan naiknya harga telur ayam negeri sejak sepekan terakhir.
Foto:

Dalam sebuah studi terbitan 2019, para peneliti di Research Triangle Institute menemukan pada bahwa orang yang mencuci ayam di wastafel lebih mungkin mencemari produk segar mereka daripada orang yang tidak mencuci ayamnya. Itu karena bakteri bisa tertinggal di wastafel, bahkan setelah permukaannya dibersihkan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pun menyarankan tidak perlu mencuci ayam. Namun, bagi yang masih bersikeras memilih untuk mencuci ayam, dianjurkan mengikuti langkah-langkah tertentu.

CDC menyarankan mencuci dengan aliran air yang kecil untuk mengurangi percikan. Kemudian, segera bersihkan wastafel dan area di sekitar wastafel dengan air panas dan sabun secara menyeluruh. Setelah itu, cuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement