Jumat 28 Jul 2023 23:00 WIB

Obat Suntik Penurun Berat Badan Kemungkinan Harus Diberikan Seumur Hidup

Obat semaglutide saat ini menjadi opsi terapi penurun berat badan yang populer.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
 Obat resep dokter, Ozempic, produksi Novo Nordisk. Sejumlah selebritas di Amerika Serikat menggunakan obat diabetes tipe 2 ini untuk menurunkan berat badan.
Foto:

Dan seperti penyakit kronis lain, pasien obesitas berpeluang untuk kembali mengalami berat badan meski rutin menggunakan semaglutide. Bila hal ini terjadi, Prof McGowan mengatakan pasien obesitas tersebut perlu dibantu dengan tambahan obat antiobesitas lain.

"Ini sama seperti yang kita lakukan dalam manajemen tekanan darah (pada pasien tekanan darah tinggi)," lanjut Prof McGowan seperti dilansir Independent/pada Jumat (28/7/2023).

Pada awal tahun ini, National Institute for Health and Care Excellence (NICE) merekomendasikan penggunaan semaglutide untuk orang dewasa dengan indeks massa tubuh sebesar 35 atau lebih dan memiliki masalah kesehatan lain yang berkaitan dengan kelebihan berat badan. Beberapa contohnya adalah diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi.

Akan tetapi, NICE tidak merekomendasikan penggunaan obat semaglutide lebih dari dua tahun. Menurut para ahli, kebijakan ini dibuat berdasarkan pertimbangan harga obat yang cukup tinggi. Dengan kata lain, rekomendasi ini tak mengindikasikan bahwa obat semaglutide tidak bisa digunakan dalam jangka panjang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement