Senin 24 Jul 2023 18:05 WIB

Jangan Lengah, Waspadai Modus Penipuan Gratis Transfer Antarbank

Para penipu ini mengincar data pribadi perbankan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Modus penipuan lain untuk mengelabui nasabah bank adalah dengan memberikan iming-iming gratis transfer antar bank lain sebesar Rp 0 dari Bank BCA./ilustrasi
Foto: dok BRI
Modus penipuan lain untuk mengelabui nasabah bank adalah dengan memberikan iming-iming gratis transfer antar bank lain sebesar Rp 0 dari Bank BCA./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Modus penipuan untuk menjebak korban dapat bermacam-macam bentuknya. Salah satunya adalah gratis transfer antar bank lain sebesar Rp 0 dari Bank BCA. Beredar informasi iklan gambar yang di dalamnya terdapat logo Bank BCA dan tulisan “Gratis Transfer Antar Bank Lain Rp. 0,-“. Di bagian bawah terdapat tulisan “Sign Up” yang tampaknya dapat diklik.

Kiriman informasi ini disertai pesan: “Dear Bapak Ibu Nasabah setia BCA , INFORMASI  Apabila Bapak/Ibu melihat iklan seperti gambar diatas ini di media sosial, harap berhati-hati. Ini adalah bentuk penipuan jenis baru. Apabila Anda klik sign up maka proses selanjutnya HP Anda akan di hack. Mohon selalu waspada 🙏🏻🙏🏻  #waspadapenipuan.

Baca Juga

Dilansir dari website resmi BCA, Senin (24/7/2023), para penipu kini memiliki modus mengaku sebagai perwakilan resmi BCA. Mereka mengirimkan informasi-informasi yang benar.

Setelah konsumen percaya bahwa itu adalah kontak resmi dari BCA, maka para penipu akan memberikan informasi palsu untuk menjebak mereka.

Para penipu ini mengincar data pribadi perbankan seperti nomor kartu ATM, PIN, kode OTP, dan CVC/CVV. Pun, kode respon KeyBCA Appli 1 & 2.

Usai mendapatkan itu, para penipu mengambil keuntungan, seperti menguras saldo rekening atau limit kartu kredit BCA. Kemudian bagaimana cara menghindari modus penipuan tersebut?

Konsumen bisa memeriksa terlebih dahulu kebenaran informasi melalui kontak resmi BCA. Selain itu, konsumen juga bisa mengingat kontak resmi BCA.

Caranya, melalui WhatsApp Bank BCA 08111500889 (dengan centang hijau di samping nama Bank BCA,  serta call centre Halo BCA di 1500888 atau melalui aplikasi HaloBCA.

BCA juga memiliki media sosial, yaitu Instagram @goodlifebca (centang biru), Twitter: Halo BCA, GoodlifeBCA, Xpresi BCA, Bank BCA, KartuKreditBCA. Semua akun sudah terverifikasi dengan memiliki centang emas (gold).

Ada juga Facebook : Bank BCA, Goodlife BCA, XpresiBCA, KartuKreditBCA. Semua akun sudah terverifikasi dengan memiliki centang biru. Media sosial lainnya, BCA memiliki akun TikTok: Bank BCA (centang biru), YouTube: Solusi BCA, dan website: www.bca.co.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement