Senin 24 Jul 2023 07:37 WIB

Barbie Pecahkan Rekor 'Sutradara Perempuan', Kalahkan Wonder Women

Film Barbie hampir 70 persen penontonnya adalah perempuan dari segala usia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Barbie. Sutradara Barbie, Greta Gerwig, memecahkan rekor akhir pekan pembukaan film untuk sutradara perempuan.
Foto: Warner Bros
Salah satu adegan di film Barbie. Sutradara Barbie, Greta Gerwig, memecahkan rekor akhir pekan pembukaan film untuk sutradara perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Barbie, Greta Gerwig, memecahkan rekor akhir pekan pembukaan film untuk sutradara perempuan. Film Barbie dibuka dengan perkiraan pendapatan 155 juta dolar AS di box office Amerika Utara selama akhir pekan, yaitu pada 21-23 Juli.

Angka tersebut melampui pembukaan domestik Wonder Woman oleh sutradara perempuan Patty Jenkins 103,3 dolar AS. Pada 2019, Captain Marvel juga memecahkan rekor debutnya dengan 153 juta dolar AS. Film itu disutradarai bersama oleh Anna Boden dan Ryan Fleck.

Baca Juga

Hingga saat ini, Barbie mencetak pembukaan film teratas, melampui saingannya, Oppenheimer karya Christopher Nolan. Oppenheimer masih melakukannya dengan baik untuk film bergenre drama dan sejarah yang berdurasi tiga jam dengan pembukaan 80,5 juta dolar AS.

Permulaan perilisan Barbie yang menakjubkan adalah bukti visi Gerwig untuk menghadirkan boneka fashion paling terkenal di dunia ke layar lebar dan kampanye pemasaran yang diatur oleh Warner Bros serta pembuat mainan Mattel.

Berdasarkan survei, film Barbie yang dibintangi Margot Robbie sebagai Barbie dan Ryan Gosling sebagai Ken ini hampir 70 persen penontonnya adalah perempuan dari segala usia. Dilansir Hollywood Reporter, karya Gerwig sebelumnya juga menuai kesuksesan. Film Lady Bird (2017) menandai debut penyutradaraan fitur solonya mendapatkan lima nominasi Oscar, termasuk sutradara terbaik dan fitur terbaik. Lady Bird meraup 80 juta dolar AS di box office global, angka besar untuk film indie.

Pada 2019, Gerwig menggarap adaptasi Little Women 2019 dari Sony yang dibuka menjadi 16,8 juta dolar AS di dalam negeri selama liburan Natal dan menghasilkan 218,8 juta dolar AS secara global. Little Women juga membuat Gerwig mendapatkan nominasi Oscar untuk skenario adaptasi terbaik.

Pemegang rekor sebelumnya untuk pembukaan teratas sutradara wanita solo sebelum Wonder Woman adalah Fifty Shades of Grey karya Sam Taylor-Johnson. Film itu memulai debutnya dengan 93 juta dolar AS selama empat hari akhir pekan Hari Valentine dan Hari Presiden pada tahun 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement