Ahad 23 Jul 2023 17:35 WIB

Jangan Nyeker di Area Kolam Renang, Ini Bahayanya

Tetap kenakan alas kaki saat berada di sekitar kolam renang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kolam renang. Tetap kenakan alas kaki ketika berjalan di sekitar area kolam renang.
Foto:

Untuk mengobati infeksi kuku jamur, pertama-tama bersihkan kuku dan hilangkan cat kuku. Lapisi kuku dan bagian bawah kuku dengan larutan perawatan, lalu biarkan hingga mengering sebelum mengenakan kembali kaus kaki atau sepatu.

Oleskan larutan ke area yang terinfeksi dua kali sehari. Untuk hasil terbaik, rawat area yang terinfeksi selama minimal tiga bulan. Untuk menghindari infeksi kuku jamur, selalu jaga kebersihan kaki, potong kuku secara teratur, dan gunakan sikat kuku.

Selalu kenakan sandal jepit di lantai publik yang basah agar kaki tetap kering dan tidak menyentuh lantai. Terutama, di area komunal seperti kolam renang atau ruang ganti di gym yang merupakan sarang jamur dan membuat kaki berisiko terkena infeksi.

Sehari-hari, kenakan kaus kaki yang terbuat dari setidaknya 70 persen katun agar kaki dapat "bernapas". Hindari memakai stoking berbahan nilon. Saat mencuci kaki, jangan lupa mengeringkannya secara menyeluruh hingga ke sela-sela jari kaki.

Apabila pencegahan masih tidak berhasil dan infeksi tetap menyerang, Wicks menekankan bahwa pengobatan harus dilakukan sejak dini untuk menghindari perkembangan jamur.

"Jika dibiarkan, infeksi dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut seperti kehilangan kuku secara permanen, munculnya kembali infeksi, dan dalam kasus yang ekstrem infeksi menyebar ke area lain di tubuh, bahkan aliran darah," tutur Wicks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement