Sabtu 22 Jul 2023 14:27 WIB

Jazz Gunung Bromo Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Probolinggo

Musisi tampil di panggung terbuka pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.

Jazz Gunung Indonesia akan menggelar Jazz Gunung Bromo 2023.
Foto: Dok Jazz Gunung Indonesia
Jazz Gunung Indonesia akan menggelar Jazz Gunung Bromo 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO -- Pagelaran musik Jazz Gunung Bromo 2023 yang diselenggarakan di Amfiteater Terbuka Jiwa Jawa Resort di Wonotoro, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur pada 21-23 Juli 2023 mampu mendongkrak kunjungan wisatawan domestik hingga mancanegara..

"Kegiatan itu telah menghibur para penggemar musik jazz, bahkan yang menyaksikan tidak hanya dari Probolinggo saja, akan tetapi penontonnya banyak dari luar daerah," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto dalam keterangan tertulis yang diterima di kabupaten setempat, Sabtu (22/7/2023).

Baca Juga

Ugas bersama segenap organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Probolinggo menghadiri pembukaan Jazz Gunung Bromo di Jiwa Jawa Resort Bromo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jumat (21/7/2023) malam.

Jazz Gunung Bromo merupakan pagelaran musik jazz bertaraf internasional yang menampilkan pertunjukan komposisi jazz bernuansa etnik dipadu dengan keindahan alam Gunung Bromo.

"Meskipun dengan suhu yang amat dingin di kawasan Bromo, para penonton pecinta musik jazz tetap menyaksikan penampilan para penyanyi dan para musisi ternama di Indonesia yang dikemas dalam Jazz Gunung Resort Bromo 2023," tuturnya.

Kepala Diskominfo Probolinggo Yulius Christian mengatakan beberapa penonton yang melihat pagelaran Jazz Gunung Bromo merupakan wisatawan asing. Diharapkan dalam kegiatan itu dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara di Kabupaten Probolinggo.

"Saya berharap penonton Jazz Gunung Bromo 2023 berkunjung ke beberapa destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo dan membeli produk lokal UMKM, sehingga pagelaran itu juga mendongkrak sektor ekonomi di Probolinggo," katanya.

Jazz Gunung Bromo sudah menjadi kegiatan musik jazz etnik berskala internasional dimana beberapa musisi dari berbagai negara juga ikut tampil berdampingan dengan musisi-musisi nasional.

Tampil di panggung terbuka pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dengan suasana alam pegunungan menjadi pengalaman tersendiri bagi para musisi. Hal ini memberikan kesan mendalam. Tahun ini tema jazz Gunung Bromo yakni "Indahnya Jazz, Merdunya Gunung".

Musik jazz gunung itu dimeriahkan dengan penyanyi dan deretan musisi ternama Indonesia, seperti Salma Salsabil yang telah menjadi pembuka gelaran Jazz Gunung Bromo 2023. Penampilannya mendapat sambutan yang meriah bagi para penonton. Lagu-lagu yang dibawakan menggugah para penonton untuk ikut menyanyi.

Disusul dengan penampilan Deredia dan Henk Kraaijeveld Quintet, bahkan musisi kawakan Mus Mujiono bersama Sweetswingnoff dan Indrianto, serta Atiek CB yang tampil memukau dan dapat menghipnotis para penonton. Musisi muda Ardhito Pramono sebagai penampilan penutup di hari pertama Jazz Gunung Bromo 2023.

Untuk hari kedua pada 22 Juli 2023, akan dimeriahkan dengan penampilan Jeremie Ternoy Trio, Margie Segers, Ermi Kullit bersama Yongkeys dan juga penampilan Varnasvara bersama Daniel Dyonisius sebelum istirahat.

Penampilan selanjutnya setelah istirahat sejenak adalah Second Brain ft Ricad Hutapea, Eggy Bayu Pratama dan Parti Aditia Faoth, kemudian disusul dengan Ring of Fire Project duet dengan Denny Caknan dilanjut dengan penampilan Yura Yunita.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement