Sabtu 22 Jul 2023 09:29 WIB

Kisah Oppenheimer, Benarkah Einstein tak Mau Memaafkannya?

Artikel berikut mengandung spoiler bagi yang belum menonton Oppenheimer.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Karakter Albert Einstein (kiri) dan J Robert Oppenheimer (kanan) di film Oppenheimer. Dalam film, bagi Einsten, karya Oppenheimer tetap tidak termaafkan.
Foto:

Ledakan yang dihasilkan dari senjata nuklir pada dasarnya adalah dunia kuantum yang dibuat lebih besar. Oppenheimer menciptakan apa yang ditakutinya saat masih muda, mengubah dunia menjadi horor global, bom atom hanyalah permulaan.

Dalam kisah lain, Lewis Strauss memiliki dendam pribadi terhadap Oppenheimer yang tidak pernah ia lupakan. Setelah dihina dan diejek di depan umum oleh Oppenheimer, yang telah mengejek jawaban Strauss pada sebuah dengar pendapat tentang radioisotop, Strauss memutuskan untuk mengambil tindakan sendiri.

Strauss tidak ingin menjalankan Komisi Energi Atom (AEC) jika itu berarti Oppenheimer akan terus memengaruhi keputusan pemerintah mengenai senjata nuklir, terutama karena mereka menentang bahayanya. Sebagian besar adalah kepicikan yang memicu tindakan Strauss, dan Nolan dengan cerdas menawarkan dua pendapat berbeda dari Strauss dan Oppenheimer saat rapat dengar pendapat, sehingga menyuguhkan argumen yang utuh kepada penonton.

Oppenheimer akhirnya berubah pikiran, menentang pengembangan bom hidrogen, dan berjuang untuk perdamaian nuklir. Namun, dia tidak menyesali perannya dalam membangun bom atom. Oppenheimer melakukan apa yang ditugaskan kepadanya, namun bersikukuh bahwa itu adalah kejahatan, dan menentang penggunaan bom itu.

Akhir film Oppenheimer juga tidak memihak dalam perdebatan apakah Oppenheimer salah karena membuat bom atom. Film Oppenheimer karya Christopher Nolan sadar diri, dan lebih merupakan bentuk kesadaran diri terhadap seorang pria dengan ambisi besar yang menyerah pada keinginan para politisi, namun bukan berarti dirinya bebas dari kesalahan.

Kehidupan Oppenheimer setelah kejadian di film...lanjutkan membaca>>

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement