Sabtu 22 Jul 2023 06:54 WIB

Kasus 'Makan Babi' yang Bikin Heboh, Ada yang Diseret ke Jalur Hukum

Sejumlah kasus terkait makanan nonhalal pernah menggegerkan dunia maya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Video permintaan maaf pihak restoran Mamma Rosy karena telah menyajikan menu daging babi ke konsumen Muslim. Ada beberapa kasus makanan nonhalal yang sempat menghebohkan.
Foto: Instagram/@mammarosy_jkt
Video permintaan maaf pihak restoran Mamma Rosy karena telah menyajikan menu daging babi ke konsumen Muslim. Ada beberapa kasus makanan nonhalal yang sempat menghebohkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam diharamkan mengonsumsi sejumlah makanan, termasuk di antaranya yang terbuat dari babi. Hal ini terkadang bersinggungan dengan kebiasaan umat beragama lain, atau bahkan Muslim yang belum memiliki pemahaman terkait hal tersebut.

Sejumlah kasus kontroversial terkait makanan nonhalal itu pun pernah menjadi viral dan menggegerkan dunia maya. Berikut beberapa di antaranya yang memicu perbincangan luas, bahkan kecaman dari berbagai pihak, meski sebagian sudah terselesaikan:

Baca Juga

1. Influencer Muslim buat konten makan babi mengucap Basmallah

photo
Tersangka kasus penistaan agama Lina Lutfiawati atau Lina Mukherjee (kanan) dihadirkan saat rilis kasus penistaan agama di Polda Sumatra Selatan, Palembang, Kamis (4/5/2023). - (Antara/Nova Wahyudi )

 

Influencer Lina Mukherjee menuai kontroversi akibat membuat konten media sosial menyantap hidangan kulit babi. Warganet segera menghujaninya dengan kecaman, sebab Lina yang diketahui beragama Islam makan kulit babi itu sambil mengucap basmalah.

Atas tindakan yang diunggah ke Tiktok dan Instagram itu, Lina tidak cuma mendapat sanksi sosial, tetapi juga dijerat pasal penistaan agama. Perempuan bernama asli Lina Luthfiawati itu ditahan di Lapas Wanita kelas II Palembang per 10 Juli hingga 29 Juli 2023, dan perkaranya dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Palembang.

2. Mamma Rosy hidangkan pasta babi ke tamu Muslim

photo
Surat peringatan manajemen Mamma Rosy kepada waiters perempuan yang menyajikan daging babi ke pelanggan yang pesan daging sapi. - (Dok Mamma Rosy)

 

Kelalaian staf restoran Italia Mamma Rosy di Kemang, Jakarta Selatan, berujung fatal. Sebab, staf Mamma Rosy itu menghidangkan pasta dengan daging babi untuk tamu Muslim, padahal sang tamu memesan menu daging sapi. Kesalahan baru diketahui saat tamu membayar.

Manajemen Mamma Rosy lantas mengunggah video permintaan maaf lewat akun Instagram mammarosy_jkt, Senin (12/6/2023). Pekerja yang lalai melakukan tugasnya mendapat sanksi berupa surat peringatan, tetapi tidak dipecat atas permintaan dari pelanggan yang dirugikan.

3. Jovi Adighuna makan kerupuk babi di restoran bersertifikasi halal A Fung

photo
Karyawan bakso A Fung Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menghancurkan peralatan makan. Ini dilakukan setelah influencer Jovi Adhiguna memakan kerupuk babi di restoran bersertifikat halal itu. - (Instagram/@basoafung)

 

Pertengahan Juli 2023, selebgram Jovi Adighuna memicu kehebohan saat bersantap di Baso A Fung Bali. Pasalnya, di gerai yang sudah bersertifikat halal itu, Jovi menyantap kerupuk babi yang dia beli di bandara, dengan cara mencampurkannya di mangkuk bakso.

Tindakan Jovi membuat alat makan di gerai A Fung tersebut terpapar makanan nonhalal. Jovi sudah meminta maaf atas keteledorannya, sebab dia awalnya tidak menyadari dampak dari hal itu. Sementara, gerai Baso A Fung Bali memilih menghancurkan semua alat makan dan menggantinya dengan yang baru.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement