Jumat 21 Jul 2023 23:10 WIB

Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Positif Medsos untuk Anak

Berinteraksi secara online juga bisa memberikan dampak positif pada anak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Anak bermain medsos didampingi orang tua (ilustrasi). Tak selalu buruk, medsos juga bisa mendatangkan manfaat positif untuk anak.
Foto: Republika.co.id
Anak bermain medsos didampingi orang tua (ilustrasi). Tak selalu buruk, medsos juga bisa mendatangkan manfaat positif untuk anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemajuan teknologi membuat anak semakin dekat dengan dunia digital termasuk beselancar di dunia maya dan bermain media sosial. Biasanya anak akan menggunakan gawainya untuk terhubung dengan dunia digital.

Bagi anak, hal ini selalu dikaitkan dengan dampak buruk. Padahal, berinteraksi secara online juga bisa memberikan dampak positif pada anak. Apa saja dampaknya?

Baca Juga

Dokter spesialis kedokteran jiwa subspesialis anak dan remaja (psikiatri) dari RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, dr Anggia Hapsari, SpKJ, SubspAR (K) menjelaskan media sosial tidak selalu memberikan dampak buruk pada anak dan remaja jika digunakan dengan bijak. Berikut ini dampak positif yang mungkin didapat oleh anak seperti dijelaskan dr Anggia dalam Exclusive Media Interview, dengan topik "Cerdas Bermedia Sosial Menuju Generasi Emas", Jumat (21/7/2023).

1. Sarana komunikasi

Menurutnya, media ini atau online ini sebenarnya justru akan memberikan banyak keuntungan sebagai sarana komunikasi antara teman-teman dan keluarga sehingga interaksi mereka tidak terbatas saat bertemu secara langsung saja.

2. Alat kreativitas

Media sosial atau daring bisa digunakan sebagai alat meningkatkan kreativitas mereka.

3. Bertemu dengan komunitas

Media sosial mempermudah hubungan dengan orang lain yang seminat hobinya. Misalkan mereka sudah belajar coding atau painting, melalui media ini mereka bisa belajar banyak hal dan mencari tutorial di media sosial.

4. Kegiatan sosial

Pada remaja, media sosial juga bisa membuat mereka lebih berpartisipasi lagi dalam kegiatan organisasi ataupun kemanusiaan sehingga mereka bisa lebih luas lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement