Rabu 19 Jul 2023 19:11 WIB

Tong Liya, Selebritas Populer China Bangga akan Asal Usulnya dari Etnis Uighur

Tong bangga bisa mengenalkan wilayah Uighur Xinjiang kepada dunia luas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Gita Amanda
Salah satu aktris asal Xinjiang paling populer yang berhasil masuk ke bioskop arus utama China, adalah Tong Liya.
Foto: Asian Wiki
Salah satu aktris asal Xinjiang paling populer yang berhasil masuk ke bioskop arus utama China, adalah Tong Liya.

REPUBLIKA.CO.ID, Selebritas China dari kelompok etnis minoritas, seperti Uighur, telah mendapatkan daya tarik yang meningkat di China daratan dalam beberapa tahun terakhir. Pemerintah China mendukung lebih banyak film yang menggambarkan minoritas tersebut pada 2013, dan industri hiburan China juga menjadi lebih terbuka untuk memilih aktor dari kelompok minoritas.

Hal itu termasuk yang berasal dari Xinjiang, wilayah etnis Muslim Uighur. Salah satu aktris asal Xinjiang paling populer yang berhasil masuk ke bioskop arus utama China, adalah Tong Liya.

Baca Juga

Tong juga pernah ditunjuk sebagai duta untuk Festival Croisements 2021, festival budaya tahunan Prancis setelah ditangguhkan selama setahun karena pandemi Covid-19. Dalam wawancara dengan China Daily, dia berbicara tentang kecintaannya pada sinema Prancis dan juga kebanggaannya pada budaya China.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pemahaman antarbudaya, dia percaya bahwa film adalah cara yang paling komprehensif. Masyarakat bisa saling memahami melalui film.

“Itu berarti memahami budaya, sejarahnya, atau bagaimana orang menjalani hidup mereka. Film dan karya TV memvisualisasikan semua ini,” kata Tong saat itu, dilansir dari China Daily.

Tong mengungkapkan kegembiraan yang luar biasa karena bisa memperkenalkan rumahnya, wilayah otonomi Uighur Xinjiang di Tiongkok Barat Laut. Dia menyebut kalau Xinjiang adalah tempat yang harus dikunjungi banyak orang.

“Ini membanggakan karena ada berbagai pemandangan alam dan kaya akan makanan lezat. Semua hal ini menarik orang ke Xinjiang,” kata dia.

Tong juga mengaku sangat menikmati menjadi pemandu wisata. Setiap tahunnya, ia akan mengajak banyak teman untuk berkeliling Xinjiang sehingga mereka dapat menghargai pesona di wilayah rumahnya.

Menurut laman South China Morning Post, Tong Liya lahir pada 1983 di Prefektur Otonomi Ili Kazakh Xinjiang. Tong memiliki warisan campuran, karena ayahnya Xibe berasal dari Xinjiang sedangkan ibunya Han dari Gansu.

Dia pernah meraih runner-up pertama dalam kontes kecantikan Miss Xinjiang pada tahun 2002, dan kemudian lulus dari Central Academy of Drama yang bergengsi di Beijing. Peran pertama Tong adalah dalam serial televisi Hong Kong C'est la Vie, Mon Chéri pada tahun 2008. Dia kemudian menjadi terkenal dalam drama China tahun 2009, The Queens.

Pada saat dia mendapatkan peran dalam serial hit seperti Palace dan Horizon True Heart (keduanya pada tahun 2011), posisinya di jaringan televisi rus utama di China telah diperkuat. Sejak itu, dia muncul di lebih banyak film layar lebar dan serial TV termasuk Beijing Love Story (2012).

Selain pekerjaannya sebagai aktris, Tong juga menjadi duta merek untuk Bulgari, dan diangkat sebagai duta seremonial Xibe pada tahun 2011.

Terkenal karena perannya sebagai Tong Suyan di serial fiksi ilmiah Televisi Hunan Gong, ia juga populer karena perannya dalam acara Tang Gong Meiren Tianxia dan Loving, Never Forgetting.

Sebelum memulai karier akting layarnya, ia belajar menari dan tampil dalam drama yang dipentaskan oleh Akademi Drama Pusat Beijing. Karier Tong Liya melejit saat karakternya, sebagai Shen Bing, dalam drama TV 2014 Beijing Love Story menjadi sangat populer. Penari yang berubah menjadi aktris ini telah aktif baik di layar lebar maupun kecil sejak saat itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement