Rabu 19 Jul 2023 16:03 WIB

Viral Selebgram Peduli Makanan Halal di Bali, Justru Dicap Bigot

Selebgram Dian yang ingin mengedukasi makanan halal, malah diserang warganet.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Erik Purnama Putra
Pemilik akun @ngurahsaka melabeli selebgram yang mengedukasi makanan halal di Bali dengan sebutan bigot.
Foto: Tangkapan layar
Pemilik akun @ngurahsaka melabeli selebgram yang mengedukasi makanan halal di Bali dengan sebutan bigot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramai beredar di Twitter tanggapan sejumlah warganet soal selebgram yang peduli makanan halal malah dicap bigot. Selebgram Dian Widayanti menyarankan kepada para pengikutnya untuk waspada terhadap makanan yang tak halal ketika berwisata ke Bali.

Dia akun Instagram @dianwidayanti, ia mengunggah konten berjudul 'Alasan Kenapa Harus Hati-Hati di Bali Supaya Gak Kejebak Haram'. Dalam video tersebut, Dian mengedukasi warga Indonesia yang beragama Islam agar berhati-hati dalam memilih makanan di Bali. Namun konten ini mendapat komentar pedas di lini masa Twitter.

Baca Juga

Akun Twitter @ngurahsaka menyebut selebgram seperti Dian dan sejenisnya adalah bigot. Bigot adalah kata bahasa Inggris yang memiliki arti orang yang fanatik terhadap keyakinannya, intoleran dan benci kepada kelompok-kelompok lain.

"Makanya saya bilang wisata halal itu ga diperlukan di Bali, supaya bigot-bigot ini ga banyak datang kesini," ujar warga Bali, Bli Saka di akun @ngurahsaka dikutip Republika.co.id di Jakarta pada Rabu (19/7/2023).

Bli Saka membalas seorang warganet yang mengomentari Dian di akun @matahari_tmr. Dia menuding, Dian merendahkan masyarakat Bali. Sebagai warga asli Pulau Dewata, ia merasa tersinggung soal kontennya tentang makanan haram di Bali.

"Jangan merendahkan, masyarakat Bali paham betul, mana haram mana halal buat saudaranya yang Muslim. Orang Bali akan merasa sangat tersinggung dan direndahkan bila makanannya dianggap haram, dan tidak pantas di makan oleh mereka," kata akun Twitter @Matahari_tmr mengomentari konten Dian.

Tanya bigot itu apa ...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement