Ahad 16 Jul 2023 20:10 WIB

Twitter Digugat Rp 7,5 Triliun oleh Mantan Karyawannya, Mengapa?

Pada masa Elon Musk, karyawan hanya mendapat pesangon sebulan gaji.

-Twitter digugat oleh mantan karyawannya sendiri Courtney McMillian sebesar triliunan rupiah.
Foto: Unsplash
-Twitter digugat oleh mantan karyawannya sendiri Courtney McMillian sebesar triliunan rupiah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Twitter digugat oleh mantan karyawannya sendiri Courtney McMillian. Dia menuding perusahaan berutang 500 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 7,5 triliun kepada pekerja yang diberhentikan sebagai uang pesangon. Gugatan class action diusulkan diajukan pada Rabu (12/7/2023) lalu terhadap Twitter, yang sekarang secara hukum dikenal sebagai X Corp.

Menurut McMillian, paket pesangon Twitter dibuat pada 2019. Paket pesangon menawarkan kepada karyawan dua bulan gaji pokok sebagai tambahan satu pekan gaji untuk setiap tahun mereka bekerja di perusahaan media sosial tersebut.

Baca Juga

Dilansir dari Mashable SE Asia, Ahad (16/7/2023), karyawan senior juga dirancang mendapatkan sekitar enam bulan gaji pokok, terlepas dari masa kerja mereka di Twitter. Kemudian, datanglah Elon Musk.

Pada Oktober 2022, Musk mengambil alih Twitter dan perusahaan mengalami beberapa kali pemutusan hubungan kerja pada bulan-bulan berikutnya. Menurut gugatan McMillian, beberapa karyawan menerima pesangon selama satu bulan, yang lain tidak menerima apa pun.

McMillian akan tahu apa yang ditawarkan Twitter kepada karyawannya lebih baik daripada kebanyakan orang. Sebelum dia diberhentikan pada bulan Januari, McMillian adalah “kepala total rewards” Twitter dan mengawasi program tunjangan karyawan perusahaan.

Sekarang, ini bukan pertama kalinya mantan karyawan Twitter menggugat perusahaan atas tunjangan yang belum dibayar atau pesangon. Namun, McMillian adalah orang pertama yang mengklaim bahwa masalah tersebut melampaui pelanggaran kontrak.

Gugatan McMillian menuduh Musk melanggar undang-undang federal, khususnya Undang-Undang Pendapatan Pensiun Karyawan, dengan tidak membayar pesangon seperti yang dijanjikan dalam paket tunjangan karyawan yang ditawarkan kepada karyawan.

Sementara itu, Musk terbiasa menerima tuntutan hukum ini, tetapi sekarang—karena ancaman hukum yang dikirim Meta melalui Threads—perusahaan juga mengeluarkan beberapa tuntutan hukum. Pada Rabu (12/7/2023), Twitter mengajukan gugatan terhadap empat entitas anonim di Texas atas dugaan aktivitas web scraping.

Hampir dua pekan lalu, membuat beberapa perubahan besar di Twitter, memblokir sementara pengunjung untuk mengakses situs web kecuali mereka masuk ke akun. Kemudian, perusahaan membatasi pengguna yang masuk, hanya memungkinkan mereka untuk melihat ratusan tweet per hari. Twitter menjelaskan bahwa langkah tersebut diperlukan karena penggunaan itikad buruk oleh data scrapers yang membebani sistem perusahaan.

Musk mencuit sebagai balasan kepada pengguna Twitter yang mengomentari gugatan tersebut bahwa beberapa entitas mencoba mengeruk setiap cuitan yang pernah dibuat dalam waktu singkat. “Itulah mengapa kami harus menetapkan batasan tarif,” cuit Musk.

Menurut gugatan Twitter terhadap para pengeruk, platform mengalami volume pendaftaran otomatis yang sangat tinggi dari empat alamat IP yang terhubung ke entitas yang dituntut perusahaan.

Twitter mengklaim bahwa aktivitas ini tidak mungkin berasal dari pengguna individu dan hal itu memberikan tekanan berlebih pada server Twitter dan menurunkan pengalaman bagi pelanggan Twitter. Twitter mencari ganti rugi moneter lebih dari 1 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 15.003.000.000.

Masih harus dilihat bagaimana kasus-kasus ini akan berjalan. Namun, memberikan beberapa tuntutan hukum sebelumnya yang telah ditangani Twitter, seperti gugatan yang mengklaim Musk tidak membayar tagihan atau sewa perusahaan, dan pasti pengacara Twitter tidak akan kehabisan hal untuk dilakukan dalam waktu dekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement