Rabu 12 Jul 2023 07:00 WIB

Pengguna Instagram Bisa Pakai Avatar Saat Video Call, Cocok Buat yang 'Malas Tampil'

Avatar untuk video call bisa dipakai untuk pengguna Instagram dan Messenger.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang sedang melakukan vide call atau panggilan video (ilustrasi). Meta memiliki solusi bagi orang yang tak suka melakukan video call dengan menghadirkan  avatar kartun ke dunia konferensi video.
Foto: www.freepik.com
Seseorang sedang melakukan vide call atau panggilan video (ilustrasi). Meta memiliki solusi bagi orang yang tak suka melakukan video call dengan menghadirkan avatar kartun ke dunia konferensi video.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua orang menyukai video call atau panggilan video. Ada orang yang benar-benar harus mempersiapkan dirinya ketika melakukan panggilan video seperti menyisir rambut, sehingga terasa merepotkan.

Untuk mengatasi masalah ini, Meta telah menemukan solusi. Meta mengirimkan seperangkat alat yang menghadirkan avatar kartun ke dunia konferensi video.

Baca Juga

Menurut Meta, ini menjadi opsi ketiga yang berada di antara panggilan audio dan panggilan video penuh. Anda dapat berpartisipasi dalam percakapan video, tetapi itu akan menjadi avatar Anda yang dilihat oleh peserta lain.

Ini membuat Anda bebas mengenakan apa pun yang Anda sedang kenakan atau lakukan karena orang lain tidak akan melihat penampilan Anda. Fitur tersebut sekarang tersedia untuk pengguna Messenger dan Instagram.

Meta terus menempatkan fokus pada sistem pembuatan avatarnya. Belum lama ini, perusahaan mengumumkan pengguna telah menghasilkan lebih dari satu miliar penipuan kartun lil. Pembuat avatar memungkinkan simulacrum digital yang hampir sempurna dari wajah dan tubuh Anda yang sebenarnya. Sistem ini awalnya dibuat untuk digunakan dalam aplikasi realitas virtual (VR), tetapi sejak itu pindah ke smartphone dan sejenisnya.

Dilansir Engadget, Rabu (12/7/2023), perlu dicatat bahwa pembuat avatar memungkinkan Anda memasangkan kaki ke diri digital Anda. Namun, kaki ini tidak akan terlihat saat melakukan panggilan video.

Meta mengatakan terus bekerja untuk meningkatkan sistem pembuatan avatar dengan animasi yang lebih realistis dan bertekstur di masa depan. Selain itu, tidak ada aturan yang mengatakan bahwa avatar digital Anda harus terlihat seperti Anda sehingga jangan ragu untuk melakukan panggilan video ke teman Anda sebagai sosok yang berbeda dengan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement