Senin 10 Jul 2023 16:50 WIB

Bisa Sebabkan Kematian, Hindari Kesalahan Ini Saat Menidurkan Bayi

Orang tua harus berhati-hati saat menidurkan bayinya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Bayi tidur di kasur (ilustrasi). Tidur di samping bayi dapat membahayakan nyawanya.
Foto: Republika/Rendra
Bayi tidur di kasur (ilustrasi). Tidur di samping bayi dapat membahayakan nyawanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kesalahan fatal yang dapat secara tak sengaja dilakukan orang tua saat menidurkan bayinya. Tim di CPR Kids mengatakan menidurka bayi dengan hoodie, topi, atau beanie terpasang di kepalanyabisa menimbulkan efek samping yang mematikan.

"Menjaga agar kepala dan wajah bayi Anda tidak tertutup saat tidur mengurangi risiko kematian mendadak dan tak terduga, termasuk sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)," ujar CPR Kids, seperti dilansir laman The Sun, Senin (10/7/2023).

Baca Juga

SIDS juga dikenal sebagai cot death alias kematian terkait tempat tidur bayi. Itu terjadi saat bayi yang sehat meninggal karena alasan yang tidak dapat dijelaskan.

Menurut National Health Service (NHS), kondisi tersebut memengaruhi sekitar 200 bayi di Inggris setiap tahun. Risiko terbesar datang dalam enam bulan pertama kehidupan bayi dan biasanya saat mereka tidur.

 

Untuk membantu mengurangi risiko SIDS, ibu harus menghindari merokok saat hamil dan Anda tidak boleh merokok atau membiarkan orang merokok di dekat bayi Anda. Selain itu, orang tua disarankan untuk selalu menidurkan bayinya dalam posisi telentang.

Membiarkan bayi tidur tengkurap dapat menghalangi jalan napasnya. Posisi itu juga menyebabkan pernapasan udara, artinya bayi menghirup kembali udara yang diembuskannya sendiri.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement