Kamis 06 Jul 2023 17:55 WIB

Gordon Ramsay Sampai Shakira, Begini Aksi Selebriti Jajal Threads

Threads akan segera dirilis bagi pengguna yang sudah memiliki akun Instagram.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penampilan Threads, pesaing Twitter buatan Meta
Foto: The Verge
Penampilan Threads, pesaing Twitter buatan Meta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Aplikasi baru milik Meta yang disiapkan menjadi saingan Twitter, Threads, telah ditunggu-tunggu kehadirannya pada tahun ini. Sekarang beberapa selebritas bahkan telah diberikan akses awal ke Threads.

Aplikasi baru dari Meta buatan Instagram ini akan diluncurkan Kamis (6/7/2023) pukul 15:00 GMT setempat, dan telah digadang-gadang sebagai 'pembunuh Twitter' oleh sejumlah pakar. Namun belum juga dirilis secara global, beberapa selebriti tampak sudah diberikan akses ke aplikasi tersebut.

Baca Juga

Sejumlah selebriti itu seperti Gordon Ramsay, Shakira, dan Lando Norris di antara beberapa figur lain yang telah memposting di Threads. Sementara itu, CEO Meta, Mark Zuckerberg juga memposting Utas pertamanya, dengan menulis: 'Ayo lakukan ini. Selamat datang di Threads’.

Threads adalah aplikasi gratis yang dijelaskan oleh Meta sebagai tempat 'komunitas berkumpul' untuk mendiskusikan topik melalui teks, yang terdengar sangat mirip dengan Twitter.

“Utas adalah tempat komunitas berkumpul untuk mendiskusikan segala sesuatu mulai dari topik yang Anda minati hari ini hingga apa yang akan menjadi tren' kata deskripsi aplikasi,” dikutip dari Daily Mail, Kamis.

“Apa pun yang Anda minati, Anda dapat mengikuti dan terhubung langsung dengan kreator favorit Anda dan orang lain yang menyukai hal yang sama atau membangun pengikut setia Anda sendiri untuk membagikan ide, opini, dan kreativitas Anda kepada dunia,” lanjut deskripsi tersebut.

Threads akan segera dirilis bagi pengguna yang sudah memiliki akun Instagram, otomatis akan diberi akun Threads dengan nama pengguna yang sama.

Menjelang peluncuran global, Meta telah memberikan akses awal ke aplikasi kepada beberapa selebritas yang beruntung.

Chef Gordon Ramsay memposting Utas pertamanya, dengan menulis: 'Di sinilah saya menemukan saus domba??'

Sementara itu, penyanyi Shakira memilih untuk menulis: 'Halo Threads', bersama dengan emoji tangan melambai.

Pembalap Formula 1 Lando Norris dan Oscar Piastri sama-sama telah diberikan akses awal, dengan Norris memilih untuk memposting video dirinya dengan judul: 'Menunggu teman-teman saya untuk bergabung dengan saya'.

Selebriti lain yang telah memposting utas, termasuk pesepakbola Kingsley Coman, juara Kelas Berat MMA Francis Ngannou, pencipta LadBaby, podcaster Steven Bartlett, bintang NBA Seth Curry, investor dan guru bisnis Gary Vee, hingga komedian Adam Waheed.

Threads dijuluki 'pembunuh Twitter' secara daring di tengah perselisihan antara dua miliarder Elon Musk dan Mark Zuckerberg, yang saling menawarkan diri untuk bertarung di ring tinju. Bahkan Colosseum di Roma telah disebut-sebut sebagai tempat potensial.

Musk tampaknya lebih tertarik setelah berulang kali mendesak pengguna Twitter untuk menghapus akun Facebook mereka, menyebut jejaring sosial itu 'timpang' di masa lalu.

Awalnya, Threads hanya akan tersedia di iOS saat dirilis pada hari Kamis, jadi pengguna Android harus menunggu.

Mungkin Meta telah mengatur waktu rilis Utas untuk memanfaatkan kemarahan baru-baru ini yang terjadi di Twitter, karena telah menempatkan lebih banyak fitur di balik paywall.

Musk mengungkapkan pada akhir pekan bahwa pengguna yang tidak berlangganan layanan langganan Twitter Blue seharga 11 poundsterling per bulan dibatasi untuk membaca 600 tweet per hari. Meskipun ia kemudian mengatakan ini akan segera meningkat menjadi 800.

Ini memicu trending hashtag #RIPTwitter dan menyebabkan pencarian 'hapus Twitter' di Google meroket 983 persen di Inggris, menurut layanan perbandingan CasinoAlpha. Twitter menjatuhkan keputusan kontroversial lain pekan ini ketika terungkap TweetDeck hanya akan tersedia untuk pengguna yang membayar Twitter Blue dalam waktu kurang dari sebulan.

TweetDeck, aplikasi desktop yang menampilkan cuitan dalam kolom, diakuisisi oleh Twitter seharga 40 juta dolar AS pada 2011 setelah beroperasi sebagai aplikasi independennya sendiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement