Senin 03 Jul 2023 22:38 WIB

Air Rebusan Jahe dan Susu tanpa Lemak Dapat Redakan GERD Ringan

Jika tidak ditangani dengan tepat, GERD bisa picu kanker esofagus.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Air rebusan jahe (ilustrasi). Untuk mengatasi GERD ringan, coba minum air rebusan jahe.
Foto: Pixabay
Air rebusan jahe (ilustrasi). Untuk mengatasi GERD ringan, coba minum air rebusan jahe.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penderita gastroesophageal reflux disease (GERD) sebaiknya tak mengabaikan penyakitnya. Sebab, jika sudah parah, kerongkongan dapat mengalami penyempitan sehingga orang jadi sulit menelan.

Dokter Dedy Gunawanjati Sudrajat SpPD-KGEH menjelaskan GERD yang dibiarkan juga dapat mengakibatkan luka terbuka atau tukak di dinding kerongkongan. Ujungnya, akan terjadi pendarahan, nyeri, dan makin sulit menelan.

Baca Juga

"GERD juga menyebabkan Barrett's esophagus yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker esofagus," jelas dr Dedy yang juga konsultan gastroentero hepatologi di Eka Hospital BSD, dikutip dari siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (3/7/2023).

Dokter Dedy mengingatkan, masalah kesehatan lambung seperti GERD memang memerlukan perhatian khusus. Jika masih dalam tahap ringan, GERD dapat dicegah dan ditangani sementara dengan cara:  

1. Mengonsumsi air jahe

Air jahe memang memiliki banyak khasiat, termasuk untuk meredakan GERD. Cara membuatnya mudah, yakni cukup dengan merebus jahe.

Minum rebusan jahe secara perlahan. Walaupun berkhasiat, tetap batasi konsumsinya kurang dari 3 gram per hari karena terlalu banyak mengonsumsi jahe justru akan membuat perut menjadi panas.

2. Minum susu tanpa lemak

Susu mengandung alkali. Susu juga disebut sebagai minuman yang mampu meredakan rasa perut mulas akibat GERD.

Hanya saja, susu tidak dapat dikonsumsi semua orang, terutama bagi yang memiliki intoleransi terhadap protein susu. Pilih susu tanpa lemak karena lemak dapat memicu refluks asam lambung.

3. Tidak tidur setelah makan

Bersantai setelah makan memang hal menyenangkan. Tapi tetaplah duduk beberapa menit setelah makan. Usahakan juga berikan jeda sekitar dua sampai tiga jam setelah makan sebelum tidur.

Diagnosis GERD

Masalah kesehatan organ dalam tubuh memang tidak dapat dilihat secara langsung dengan kasat mata, perlu pemeriksaan khusus untuk dapat memastikan masalah yang terjadi. Penentuan diagnosis seperti GERD ini dapat dilakukan dengan menggunakan pH Metri Impedance-24 jam, manometri esofagus, dan endoskopi saluran cerna atas (esofagogastroduodenoskopi) oleh dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement