Jumat 30 Jun 2023 18:36 WIB

Manfaat Makan Daging Sapi dan Kambing: Bagus untuk Kesehatan Seksual Hingga Cegah Anemia

Mengonsumi daging sapi dan kambing dalam jumlah sedang medatangkan manfaat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Daging (ilustrasi). Daging sapi dan kambing memiliki manfaat kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah tak berlebihan.
Foto: Mgrol101
Daging (ilustrasi). Daging sapi dan kambing memiliki manfaat kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah tak berlebihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daging kambing dan sapi sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan manusia jika dikonsumsi dalam jumlah tak berlebihan. Sebaliknya, jika mengonsumsi daging kambing atau sapi dalam jumlah banyak dan sering, maka dapat meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan.

Berikut beberapa manfaat daging kambing dan sapi untuk kesehatan seperti dilansir laman Healthwire, Jumat (30/6/2023):

Baca Juga

Manfaat daging kambing:

1. Kesehatan seksual

Masalah yang terkait dengan kesehatan seksual sering kali dikeluhkan sebagian orang. Vitamin dan mineral adalah penyebab utama di balik masalah ini. Kekurangan vitamin dan mineral ini menyebabkan rendahnya kadar hormon sehingga akhirnya berkontribusi pada rendahnya libido.

Mengonsumsi daging kambing untuk meningkatkan libido akan menjadi pilihan yang baik. Ini akan meningkatkan kadar hormon dan meningkatkan libido.

2. Sumber zat besi

Dalam hal mengonsumsi zat besi dari sumber alami yang sehat, daging kambing adalah pilihan yang baik. Jumlah zat besi pada daging kambing dua kali lipat dari daging sapi dan ayam.

3. Pertumbuhan kulit dan rambut

Daging kambing dapat mendukung pertumbuhan kulit dan rambut. Studi menunjukkan bahwa kandungan mineral dan vitamin B12 dalam daging kambing berperan dalam regenerasi sel kulit yang lebih baik. Selain itu, daging kambing juga dapat memberikan solusi efektif untuk berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, ruam, dan lainnya.

Manfaat daging sapi

1. Membantu massa otot

Seperti jenis daging lainnya, daging sapi juga menyediakan protein berkualitas tinggi dalam jumlah yang sehat. Daging sapi juga penuh dengan semua asam amino yang membuatnya menjadi protein lengkap. Kemungkinan beberapa masalah kesehatan seperti pengecilan otot cenderung meningkat bila orang tidak mengonsumsi protein berkualitas tinggi.

Jika mengonsumsi daging sapi secara berkala, ini dapat banyak membantu dalam mempertahankan massa otot dan mengurangi risiko sarkopenia.

2. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi adalah masalah kesehatan umum yang mempengaruhi hampir sepuluh persen populasi dunia. Mengonsumsi daging sapi bisa efektif dalam mencegah dan mengobati anemia.

3. Meningkatkan kekebalan dan penyembuhan

Tubuh membutuhkan seng dalam jumlah yang sehat untuk mempercepat proses penyembuhan dan mendukung sistem kekebalan. Daging sapi adalah salah satu sumber seng alami terbaik.

Bisakah pasien penyakit jantung makan daging sapi?

Dokter memberikan saran kepada pasien jantung untuk mengonsumsi semua jenis daging dalam jumlah terbatas. Namun, lebih baik bagi pasien jantung untuk mengonsumsi daging kambing karena rendah lemak jenuhnya.

Tidak jarang orang selalu berusaha mencari yang terbaik antara daging kambing dan sapi. Namun tidak mudah untuk menyatakan satu jenis sebagai pemenang dan satu lainnya tidak bermanfaat.

Daging kambing dan daging sapi berkontribusi terhadap kesehatan manusia dengan cara berbeda. Satu-satunya kesamaan di antara keduanya adalah dari segi warna. Namun, ada kemungkinan daging kambing lebih bermanfaat bagi daripada daging sapi karena beberapa alasan. Anda dapat menghubungi ahli gizi untuk mengetahui jenis mana yang lebih bermanfaat bagi masing-masing orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement