Jumat 30 Jun 2023 08:15 WIB

Lebih 100 Chef Dunia Bakal Goyang Lidah Pencinta Kuliner di Ubud Food Festival

Ubud Food Festival (UFF) 2023 akan dimulai Jumat 30 Juni sampai Ahad 2 Juli

Lebih 100 juru masak atau chef kelas dunia bakal menggoyang lidah pecinta kuliner Nusantara di Ubud Food Festival 2023
Foto: dok ABC
Lebih 100 juru masak atau chef kelas dunia bakal menggoyang lidah pecinta kuliner Nusantara di Ubud Food Festival 2023

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Lebih 100 juru masak atau chef kelas dunia bakal menggoyang lidah pecinta kuliner Nusantara di Ubud Food Festival 2023, yang dibuka Kamis (29/6/2023) malam.

"Ubud Food Festival (UFF) 2023 yang telah dinantikan akan dimulai Jumat, 30 Juni sampai Ahad, 2 Juli 2023. Acara pembukaan malam ini. Kami hadirkan lebih dari 100 pakar kuliner dari Indonesia, Asia Tenggara dan belahan dunia lainnya untuk menyajikan serangkaian hidangan menggoda dan menjelajahi dunia gastronomi," kata Janet DeNeefe, pendiri dan Direktur Festival, saat jumpa pers di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis (29/6/2023) sore.

UFF 2023 ini menampilkan acara berbayar dan gratis, termasuk peragaan memasak, acara khusus, lokakarya, diskusi panel, wisata makanan, kios-kios makanan, pemutaran film, dan konser musik.

"Kami sangat gembira sekali lagi bisa membawakan chef terbaik Asia, bakat-bakat muda, pemilik restoran, ahli mixology, penulis makanan dan wirausahawan dalam sebuah ekstravaganza selama tiga hari di Ubud," kata Janet menambahkan.

Bintang TV Korea-Amerika ternama Judy Joo akan meramaikan UFF untuk kedua kalinya. "Setelah pengalaman pertama berkunjung ke Bali yang mengesankan, saya benar-benar jatuh cinta dengan kekayaan tradisi dan budaya makanan lokal," kata Judy Joo.

Ia akan memimpin sebuah masterclass Korean BBQ, memandu peserta untuk menyiapkan daging Korean BBQ dan salmon berselaput Gochujang kesayangannya.

Bintang TV New Zealand Robert Oliver, bersama dengan chef Fiji-Samoa Sangeeta Maharaj, akan menyajikan pesta bersantap citarasa Polinesia yang unik. Gerakan Pacific Island Food Revolution yang digagas Oliver berkaitan dengan misinya untuk menghidupkan kembali hidangan tradisional dan melawan penyakit tidak menular yang disebabkan oleh makanan olahan di wilayah Pasifik.

UFF 2023 akan menampilkan Chef Indonesia Hans Christian dari tempat fine-dining ternama Jakarta, August, yang dinobatkan sebagai salah satu Restoran Terbaik Asia, dan Blake Thornley dari Mozaic akan membawakan sebuah pengalaman fine-dining kolaboratif yang tiada tandingannya.

"Tradisi makanan kami sangat beragam, jadi sangatlah penting untuk mempopulerkan hidangan-hidangan Indonesia yang belum begitu terkenal, bukan hanya nasi goreng dan sate ayam yang populer," kata Hans menjelaskan mengenai keanekaragaman luar biasa dalam bentangan dunia kuliner Indonesia.

Untuk menciptakan koneksi antara eksotika dan makanan super organik lokal, chef Indonesia Theodora Poeradisastra akan menampilkan lima hidangan dengan bahan-bahan yang dipasok dari kebun resort tersebut, bersama dengan chef Mangku dari Gdas.

Rahel Stephanie dari Spoons di London, bersama dengan tim dari W/T/Me dan Chef Eksekutif RAMU Joshira Yugopradana, akan meramu bahan-bahan berbasis tanaman dengan citarasa rempah-rempah Indonesia yang kaya, menghasilkan sebuah pengalaman kuliner modern yang menyenangkan.

Ubud Food Festival 2023 menjadi penyelenggaraan festival kuliner kali keenam sejak UFF pertama kali diluncurkan pada 2015.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement