Kamis 29 Jun 2023 14:32 WIB

Setelah 5 Bulan Hilang, Aktor Inggris Julian Sands Ditemukan tak Bernyawa

Jasad Julian Sands ditemukan di daerah Gunung Baldy di pegunungan San Gabriel

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Aktor asal Inggris Julian Sands dikonfirmasi telah meninggal pada Selasa (28/6/2023) setelah jasadnya ditemukan di daerah Gunung Baldy di pegunungan San Gabriel, California selatan.
Foto: AP
Aktor asal Inggris Julian Sands dikonfirmasi telah meninggal pada Selasa (28/6/2023) setelah jasadnya ditemukan di daerah Gunung Baldy di pegunungan San Gabriel, California selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aktor asal Inggris, Julian Sands, dikonfirmasi telah meninggal pada Selasa (28/6/2023) setelah jasadnya ditemukan di daerah Gunung Baldy di pegunungan San Gabriel, California selatan. Sands telah hilang selama lebih dari lima bulan.

Dia tidak kembali dari pendakian pada Januari lalu. Beberapa pencarian yang dilakukan oleh otoritas lokal tidak berhasil. Kondisi cuaca buruk menghambatnya sejak maret. Kemudian jasadnya ditemukan oleh pejalan kaki sipil pada Sabtu lalu.

Sands dikenal sebagai aktor berkarismatik yang tidak kenal takut. Sutradara Mike Figgis yang pernah menyutradarai Sands dalam delapan film dan dekat dengan keluarganya mengatakan Sands merupakan sosok yang sangat berani. Figgis pertama kali bertemu Sands pada pertemuan casting tahun 1987.

"Saya belum pernah bertemu orang seperti dia. Dia sangat memaksa tetapi saya menemukan keberaniannya sangat menawan,” kata Figgis, dilansir Independent, Kamis (29/6/2023).

Sejak itu, Sands membintangi film-film yang digarap oleh Figgis. Film pertamanya adalah the Browning Verson (1993) dan yang terakhir Mother Tongue (2020).

“Julian sadar akan kekuatan karisma dan penampilannya dengan cara yang nakal dan jahat. Mungkin karena dia sangat tampan, dia sangat percaya diri,” ujarnya.

Sands dikenal sebagai sosok yang tak kenal takut. Dia sangat menyukai kegiatan yang dilakukan di alam bebas, seperti hiking dan mendaki gunung.

Departemen Sheriff San Bernardino yang mempelopori pencarian Sands mengatakan total delapan pencarian khusus untuk Sands telah dilakukan baik melalui darat maupun udara. Pencarian terbaru telah melibatkan lebih dari 80 sukarelawan.

Upaya mereka didukung oleh dua helikopter dan kru pesawat tak berawak. Departemen tersebut menambahkan bahwa jam pencari sukarelawan telah melebihi 500 jam.

Figgis mengatakan lima bulan terakhir sudah menjadi waktu yang aneh baginya. Dia sudah percaya bawa Sands tidak akan kembali.

“Saya mengucapkan selamat tinggal kepada teman saya. Saya akan sangat merindukannya,” ucapnya.

Sands terkenal karena peran dalam drama periode romantis tahun 1985 A Room With A View di mana dia berakting bersama Helena Bonham Carter. Kemudian dia berhasil beralih ke genre horor dengan penampilan di film termasuk Gothic, Warlock and Arachnophobia.

Dari tahun 1984 hingga 1987, aktor tersebut menikah dengan Sarah Sands. Dia juga memiliki dua putri dengan jurnalis Evgenia Citkowitz yang dinikahinya pada 1990.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement