Senin 26 Jun 2023 18:09 WIB

Sebelum Beli Vitamin dan Suplemen, Wajib Lakukan Ini Dulu

Tidak semua vitamin dan suplemen mengandung bahan halal.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Bagi banyak orang, vitamin dan suplemen sangat dibutuhkan, khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, Muslim perlu tahu bahwa tidak semua vitamin dan suplemen mengandung bahan halal. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Bagi banyak orang, vitamin dan suplemen sangat dibutuhkan, khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, Muslim perlu tahu bahwa tidak semua vitamin dan suplemen mengandung bahan halal. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bagi banyak orang, vitamin dan suplemen sangat dibutuhkan, khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, Muslim perlu tahu bahwa tidak semua vitamin dan suplemen mengandung bahan halal.

Oleh karena itu, penting untuk tahu cara mengidentifikasi vitamin dan suplemen halal. Yuk simak caranya, seperti dikutip Halal Times, Senin (26/6/2023):

Baca Juga

1.Lihat sertifikat halal 

Cara yang paling dapat diandalkan adalah mencari sertifikasi halal pada produk. Sertifikasi ini biasanya ditampilkan sebagai logo pada kemasan produk yang diberikan oleh badan sertifikasi halal independen.

Badan sertifikasi halal memeriksa bahan, pembuatan, pemrosesan, pengemasan, dan distribusi produk. Jika semua aspek tersebut memenuhi standar halal, maka produk tersebut diberikan sertifikat halal. Sertifikat ini berfungsi sebagai jaminan kepada konsumen bahwa produk tersebut halal menurut syariat Islam.

 

 

2.Baca daftar bahan

Selalu baca daftar bahan pada kemasan produk. Carilah bahan non-halal seperti gelatin dan alkohol. Jika bahan-bahan ini ada, periksa apakah sumber dan metode pengolahannya ditentukan. Jika Anda tidak yakin tentang bahan apa pun, jangan ragu untuk menghubungi produsen untuk meminta penjelasan.

 

3.Teliti produsennya

Lakukan riset tentang produsennya. Periksa apakah mereka memiliki rekam jejak dalam memproduksi produk halal. Beberapa produsen berspesialisasi dalam vitamin dan suplemen halal dan memiliki pemahaman menyeluruh tentang persyaratannya.

 

4.Beli dari pengecer terkemuka

Beli vitamin dan suplemen Anda dari pengecer terkemuka. Pengecer ini sering memiliki langkah-langkah kontrol kualitas yang ketat dan lebih cenderung menyediakan produk halal asli.

 

5.Konsultasikan dengan petugas medis

Sebelum memulai mengonsumsi vitamin atau suplemen baru apa pun Anda perlu berkonsultasi dengan petugas medis. Mereka dapat memberikan saran yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda dan membantu Anda menjelajahi dunia vitamin dan suplemen halal. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement