Senin 26 Jun 2023 12:51 WIB

Cara Mudah agar Mawar tak Gampang Mengering

Ketika tanaman stres karena panas, bunganya akan mengering.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Bunga mawar akan bertahan jika berada dalam lingkungan yang tepat/ilustrasi.
Foto: arab news
Bunga mawar akan bertahan jika berada dalam lingkungan yang tepat/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sinar matahari yang terik saat musim kemarau sepertinya tidak begitu bermanfaat bagi semua jenis tanaman. Salah satunya adalah mawar yang akan menderita dalam cuaca panas.

Ahli berkebun dan pemilik Harkness Roses Philip Harkness menganjurkan untuk melakukan pencegahan sebelum mawar berubah menjadi menguning, layu, atau kering karena panas. Dia membocorkan sejumlah langkah yang terletak pada memelihara lingkungan yang sesuai untuk tanaman.

Baca Juga

Pertama, pastikan tanaman Anda memperoleh sinar matahari dan mawar tidak berada di tempat yang terlalu gelap serta penuh sesak. “Jika mereka berada di dekat pagar besar, mereka akan berjuang untuk mendapatkan air dan cahaya dan jika tanaman stres itu lebih rentan menjadi tidak sehat,” kata Harkness, dilansir Express, Senin (26/6/2023).

Dia menjelaskan jika tanaman stres dalam kondisi panas, dia akan kering. Namun, dia akan bertahan jauh lebih baik jika Anda memberikan lingkungan yang tepat, misalnya mendapatkan gizi yang cukup dan tidak kekurangan atau kelebihan air.

Pemberian makan yang konsisten sangat penting untuk menjaga vitalitas mawar. Harkness menyarankan pemberian pupuk setiap dua pekan dan memastikan sirkulasi udara yang cukup. Selain itu, Anda juga bisa menyiram tanaman di pagi hari, terutama untuk mawar pot.

Namun, dia mengakui beberapa tukang kebun kadang-kadang harus menghadapi penyakit mawar biasa, seperti bintik hitam yang dapat dikenali dari tanda hitam pada daun. Jamur di udara ini sering muncul setelah pembungaan pertama ketika pertahanan tanaman turun demi pembungaan.

“Pupuk granular pada bulan Mei dan Juni bersamaan dengan penambahan pupuk mawar pada awal Juni. Pemangkasan musim panas juga dapat mengurangi kerusakan bintik hitam,” ujarnya.

Jamur yang muncul sebagai bercak putih bertepung, biasa terjadi mulai Agustus dan seterusnya, terutama di atmosfer lembab atau saat tanaman tidak disiram dengan benar selama musim panas. Jika tanaman Anda terkena jamur, Anda harus membiarkan bunga yang terkena dampak mekar sebelum memangkas batangnya supaya membantu tanaman pulih.

Sementara itu, untuk memerangi lalat hijau, Harkness menyarankan menggunakan semprotan bawang putih sebagai pencegah yang efektif. “Jika invasi lalat hijau terjadi, larutan cairan pencuci yang lemah dapat diterapkan. Ini menyebabkan air menempel dan menenggelamkannya,” ucap dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement