Ahad 25 Jun 2023 11:17 WIB

Pantau Kegiatan Anak di Play Store dengan Fitur Ini

Aktivitas anak di Google Play Store dapat terpantau oleh orang tuanya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Untuk anak-anak yang menggunakan akun Google orang tuanya, aktivitas mereka di Google Play Store bisa dipantau/ilustrasi.
Untuk anak-anak yang menggunakan akun Google orang tuanya, aktivitas mereka di Google Play Store bisa dipantau/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google Play Store menawarkan berbagai jenis aplikasi, gim, dan konten. Dari beragam layanan tersebut, ada yang ramah anak dan juga sebaliknya.

Orang tua tidak selalu dapat mengawasi aktivitas anak-anak mereka di ponsel. Namun, untuk anak-anak yang menggunakan akun Google orang tuanya, aktivitas mereka di Google Play Store bisa dipantau.

Baca Juga

Seperti dikutip dari GadgetsNow, Ahad (25/6/2023), caranya dengan mengaktifkan Setelan Purchase Approval (Persetujuan Pembelian). Ini akan membantu orang tua mengontrol konten apa yang dapat dibeli dan diunduh anak mereka di toko aplikasi Android

Dengan mengaktifkan setelan ini, pengguna akan memerlukan izin untuk mengunduh aplikasi apa pun atau melakukan pembelian dalam aplikasi (IAP). Untuk mengunduh aplikasi berbayar, pengguna harus memasukkan kata sandi di perangkat mereka.

Sedangkan untuk aplikasi gratis, pengguna perlu memilih opsi persetujuan untuk mendapatkan aplikasi tersebut. Namun, metode ini hanya berfungsi jika pengguna menyiapkan metode pembayaran yang digunakan bersama dengan semua anggota keluarga.

Google juga mengizinkan pengguna untuk menanggung biaya anak-anak, meskipun orang tua tidak ingin memperlihatkan kartu mereka kepada banyak orang. Di sinilah setelan Permintaan Pembelian bisa dimanfaatkan.

Apa itu fitur Purchase Approval?

Google meluncurkan fitur Persetujuan Pembelian pada Desember 2022. Fitur ini memudahkan pengguna memantau apa yang dibeli anak secara daring tanpa metode pembayaran bersama.

Orang tua dapat menggunakan metode pembayaran tersimpan mereka di akun Google masing-masing untuk memantau aktivitas anak mereka di Google Play Store. Fitur ini akan berfungsi di Chromebook anak-anak mereka atau perangkat Android lainnya.

Bagaimana fitur ini bekerja?

Jika pengguna tidak menyiapkan metode pembayaran untuk grup Keluarga Google mereka, fitur Permintaan Pembelian memungkinkan anak-anak mengirim pesan real-time kepada orang tua mereka untuk meminta izin membeli aplikasi dan menempatkan IAP.

Namun, anak-anak tidak dapat menggunakan fitur ini untuk membuat permintaan Play Books, pembelian langganan, atau Google TV. Selain itu, jika pengguna sudah menyiapkan metode pembayaran, anak-anak tidak akan melihat opsi untuk mengajukan permintaan. Dalam kasus seperti itu, anak-anak hanya akan melihat layar biasa yang meminta mereka memasukkan kata sandi di perangkat.

Selain pesan Persetujuan Pembelian, orang tua juga akan mendapatkan opsi Izinkan atau Tolak. Jika orang tua ingin menyetujui permintaan tersebut, mereka dapat membayar dengan kredit, debit, atau kartu hadiah Google Play yang tersimpan di akun mereka.

Setelah permintaan disetujui, Google memproses transaksi, memulai pengunduhan, dan mengirimkan email konfirmasi kepada kedua belah pihak. Detail transaksi juga muncul di menu Riwayat Pesanan di Play Store dan dapat dilihat oleh setiap anggota keluarga.

Pengguna dapat memilih untuk meninjau kembali permintaan nanti jika mereka tidak ingin segera menyetujuinya. Namun, penting bagi pengguna untuk memperhatikan bahwa hanya anak-anak di bawah 18 tahun yang dapat mengajukan banding ke Pengelola Keluarga untuk menyetujui permintaan dengan kartu pribadi mereka.

Orang dewasa tidak memerlukan izin tersebut untuk pembelian kecuali pengguna mengubah setelan persetujuan untuk membatasi IAP. Pengguna juga dapat mengubah pengaturan persetujuan mereka untuk anak-anak jika mereka menginginkannya. Menurut Google, Permintaan pembelian hanya dapat digunakan untuk membatasi pembelian yang dilakukan dengan metode pembayaran keluarga melalui sistem penagihan Google Play.

Pengguna juga perlu mengingat bahwa Persetujuan Pembelian tidak mencakup konten yang sudah ada yang dibagikan di Pustaka Keluarga.

Pembatasan ini hanya akan memengaruhi pembelian di masa mendatang dan tidak akan mencabut akses saat ini jika anak pernah membeli sesuatu sebelumnya. Orang tua yang tidak ingin anaknya menggunakan aplikasi tertentu dapat memblokirnya di aplikasi Family Link.

Opsi untuk mengelola fitur Persetujuan Pembelian akan tersedia di aplikasi Google Play Store. Pengguna juga perlu mengingat bahwa kedua aplikasi ini hanya akan berfungsi pada perangkat Android yang didukung. Itu tidak akan berfungsi jika pengguna masuk ke akun mereka di smartphone iOS atau perangkat pihak ketiga lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement