Sabtu 24 Jun 2023 07:28 WIB

Tanda Anda Memiliki Pasangan Manipulatif, Banyak yang tak Menyadarinya

Pasangan yang selalu membandingkan Anda dengan orang lain merupakan tanda bahaya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Pasangan manipulatif (ilustrasi). Ada beberapa tanda pasangan manipulatif yang jarang disadari.
Foto: www.freepik.com
Pasangan manipulatif (ilustrasi). Ada beberapa tanda pasangan manipulatif yang jarang disadari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hubungan yang bertahan dalam ujian waktu menjadi impian setiap pasangan. Namun, tidak semua orang beruntung mendapatkan suami atau istri yang sesuai "baik". Ada orang-orang yang justru terjerat dengan pasangan manipulatif, namun sering kali mereka sering kali tidak menyadarinya.

Dilansir laman Best Life, Jumat (23/6/2023) berikut lima tanda pasangan manipulatif yang harus diwaspadai menurut pakar:

Baca Juga

1. Mencoba mempermalukan Anda untuk hal-hal yang berbeda

Terapis keluarga Jennifer Kelman mengatakan, orang yang selalu mempermalukan pasangannya di banyak hal, bisa menjadi tanda bahwa mereka mencoba untuk mengontrol pasangannya. "Jika seseorang dipermalukan, maka ia mungkin akan mencoba untuk berubah dan mengubah dirinya agar sesuai dengan apa yang diinginkan pasangan. Ini adalah tanda bahaya pasangan ingin mengontrol Anda,” kata Kelman.

2. Selalu membandingkan Anda dengan orang lain

Psikoterapis dan penulis berlisensi, Kaytee Gillis, mengatakan pasangan yang selalu membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain merupakan tanda bahaya. Banyak orang yang manipulatif akan membandingkan pasangannya dengan orang lain-bahkan dengan mantan mereka.

“Hal ini sering dilakukan untuk membuat Anda merasa bahwa Anda tidak sebanding atau mencoba membuat Anda bekerja lebih keras untuk memberikan sesuatu yang mereka inginkan," kata Gillis.

3. Mereka selalu ingin tahu apa yang Anda lakukan

Menurut Lisa Lawless, seorang psikoterapis klinis dan pendiri Holistic Wisdom, merasa ingin tahu tentang kehidupan pasangan sebetulnya merupakan hal wajar. Namun ada perbedaan yang jelas antara melakukan hal tersebut dan menunjukkan perilaku yang mengontrol

"Ketika pasangan Anda perlu mengetahui banyak sekali detail tentang kemana Anda akan pergi dan dengan siapa Anda akan pergi, dan menjadi kesal karena tidak mendapatkan informasi tersebut atau bahkan sampai memberi tahu Anda apa yang boleh atau tidak boleh Anda lakukan, ini adalah bentuk manipulasi," kata Lawless.

4. Selalu menyalahkan orang lain

Meskipun tidak pernah mudah bagi siapa pun untuk mengakui kesalahan yang telah mereka lakukan, Anda harus waspada jika pasangan Anda selalu mencoba untuk menyalahkan orang lain. Gillis menjelaskan, orang yang manipulatif akan lebih mudah berbohong atau menyalahkan daripada introspeksi diri.

"Alih-alih hanya mengatakan 'Oke, kamu benar, saya tidak menanganinya sebaik yang saya bisa', banyak orang yang manipulatif akan mencoba membenarkan perilaku mereka dan bahkan mungkin mencoba meyakinkan Anda bahwa mereka benar dan orang lain salah," kata Gillis.

5. Membawa orang lain ke dalam pertengkaran Anda

Setiap pasangan pasti bertengkar, tapi pasangan yang manipulatif mungkin mencoba membuat setiap pertengkaran terlihat seperti kesalahan Anda. "Mereka mungkin mencoba untuk mendapatkan teman dan keluarga, atau bahkan terapis pasangan dan pihak ketiga yang independen, untuk mendukung mereka," kata Gillis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement