Rabu 21 Jun 2023 05:36 WIB

Lagu Ciptaannya 'Nemen' Viral di TikTok dan Banyak Dicover, Gilga: Tak Mudah untuk Populer

Sebelumnya Gilga dipandang sebelah mata lantaran hanya bisa tampil di kafe-kafe.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Endro Yuwanto
Lagu Nemen dari GildCoustic.
Foto: tangkapan layar youtube.
Lagu Nemen dari GildCoustic.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Lagu Jawa berjudul 'Nemen' menjadi salah satu playlist wajib yang kerapkali diputar di warung kopi hingga kafe di Surabaya dan daerah lainnya di Jawa Timur (Jatim). Lagu tersebut akrab di telinga para pecinta tembang Jawa tidak saja karena viral di media sosial TikTok.

Lagu tersebut juga banyak dicover pedangdut terkenal asal Jawa Timur, seperti Happy Asmara dan Yeni Inka. Viralnya lagu tersebut turut mengangkat kepopuleran penciptanya, Gilga Sahid Hardhiansyah.

Baca Juga

Gilga Sahid beserta grup musiknya, GildCoustic, yang semula hanya manggung dari kafe ke kafe, kini tak jarang diundang ke panggung-panggung besar.

"Setelah lulus sekolah di MAN 2 Kota Madiun tahun 2015, sering tampil di kafe-kafe," Kata Gilga Sahid di Surabaya, Selasa (20/6/2023).

Bersama GildCoustic, Gilga memulai karier bermusik pada 2017. Sejauh ini, Gilga telah menelurkan tiga single yang semuanya bergenre pop Jawa. Single pertamanya berjudul 'Nglarani Ra Kiro-Kiro', kemudian disusul single kedua berjudul 'Nemen'. Single terakhir berjudul 'Ginio' juga banyak dicover pedangdut asal Jatim.

Gilga mengakui, untuk meraih kepopuleran yang didapatkannya saat ini tidaklah mudah. Tidak jarang ia dipandang sebelah mata lantaran hanya bisa tampil di kafe-kafe. Namun, berkat ketekunan dan konsistensinya dalam menciptakan lagu-lagu pop Jawa, ia berhasil mendapat pengakuan, utamanya dari pecinta lagu-lagu ambyar.

Gilga mengaku, saat ini ia bersama GildCoustic terus kebanjiran undangan manggung. Ia bahkan sudah sering berkolaborasi dengan sejumlah pedangdut top lainnya seperti Happy Asmara, Arlida Putri, hingga NDX AXA.

Penyanyi berusia 25 tahun itu pun berharap bisa terus melahirkan karya-karya yang bisa diterima penggemarnya. "Semoga single keempat dan seterusnya bisa secepatnya dirilis dan diterima pencinta musik terutama pop Jawa," ujarnya berharap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement