Rabu 21 Jun 2023 06:36 WIB

Tak Lulus UTBK-SNBT, Sedihnya Cukup Semalam Saja, Selanjutnya Lakukan Ini

Ada sekitar 600 ribu lebih peserta UTBK-SNBT 2023 yang tidak lulus.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Remaja sedang bersedih (Ilustrasi). Tak apa untuk bersedih dan menangis sesaat ketika tak lulus SNBT-UTBK 2023. Selanjutnya, bangkit dan cari peluang lain.
Foto:

Psikolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Profesor Koentjoro, membagikan kiat bagi siswa yang menempuh seleksi masuk perguruan tinggi. Hal pertama yang disarankan Koentjoro adalah mengenal diri sendiri karena itu akan sangat berguna dalam memilih jurusan dan kampus tempat berkuliah.

Mengetahui kemampuan dan minat juga dapat membuat siswa bisa memosisikan diri. Koentjoro menyarankan untuk memilih jurusan yang dibutuhkan, bukan sekadar yang diinginkan.

"Lebih baik lagi, sebelum memilih jurusan, lakukan tes psikologi dahulu supaya bakat dan minat diketahui dengan benar," ujar Guru Besar Fakultas Psikologi UGM itu .

Koentjoro menyarankan untuk riset mengenai jumlah pesaing di jurusan atau kampus yang diincar. Lantas, sesuaikan dengan tingkat kemampuan. Apabila sesuai dengan minat tetapi tidak mampu menembus karena saingannya sangat ketat, sama saja menyiksa diri.

"Cara terakhir adalah berserah diri dan berdoa," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement