Senin 19 Jun 2023 13:55 WIB

Milenial Rentan Terkena Computer Vision Syndrome, Apa Itu?

CVS adalah keluhan mata akibat terlalu lama bekerja di depan komputer.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Bagi pekerja yang intens bekerja dengan komputer bahkan dapat mengalami computer vision syndrome (CVS), yakni keluhan mata dan penglihatan akibat terlalu lama bekerja di depan komputer.
Foto: www.freepik.com
Bagi pekerja yang intens bekerja dengan komputer bahkan dapat mengalami computer vision syndrome (CVS), yakni keluhan mata dan penglihatan akibat terlalu lama bekerja di depan komputer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Mata merupakan jendela dunia, mata adalah aset penting bagi manusia yang membantu kita bekerja, beraktivitas, serta mempelajari berbagai hal. Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk menghindarkan kita dari gangguan penglihatan yang mengakibatkan kita sulit beraktivitas sehari-hari.

Bagi para milenial, teknologi merupakan bagian dari keseharian yang tidak terlepaskan. Paparan radiasi dari layar televisi, ponsel, komputer, maupun laptop tentunya dapat membahayakan kesehatan jika tidak diantisipasi dengan baik. Bagi pekerja yang intens bekerja dengan komputer bahkan dapat mengalami computer vision syndrome (CVS), yakni keluhan mata dan penglihatan akibat terlalu lama bekerja di depan komputer.

Baca Juga

Pola hidup yang baik dan mengkonsumsi makanan bernutrisi sangat diperlukan untuk mencegah kita mengalami gangguan kesehatan mata. Bagaimanakah cara pencegahan CVS? Berikut di antaranya:

1. Jaga jarak

Dokter Spesialis Mata dr Raissa Vaniana Hartanto SpM mengatakan cara menjaga kesehatan mata bisa dibagi menjadi dua yaitu dari lifestyle dan makanan yang kita konsumsi. Lifestyle berbahaya yang sering dilakukan seperti jarak dengan gawai terlalu dekat, jarak yang disarankan yaitu 50 sampai 60 cm.

 

 

2. Bermain di tempat terang

Dokter Raissa menyarankan saat menggunakan gawai usahakan di tempat yang terang supaya mendapatkan pencahayaan yang terang. Selain itu, kontras layar di ponsel juga penting, disarankan tidak terlalu terang dan terlalu gelap.

 

3. Jangan sambil tiduran

Ia juga mengatakan tidak direkomendasikan bermain gawai sembari tiduran.

 

4. Batasi screen time

Di samping itu, lanjutnya, perlu juga melakukan pembatasan screen time baik untuk anak maupun dewasa. Untuk dewasa sebaiknya hanya 6 sampai 8 jam dalam sehari, anak-anak usia 3 tahun ke bawah sebaiknya tidak terpapar gawai sama sekali karena dikhawatirkan dapat merusak mata. "Sedangkan usia 4 sampai 6 tahun sebaiknya kurang lebih 1½ jam sehari, usia 7 sampai 12 tahun sebaiknya 3 sampai 4 jam," ujarnya.

 

5. Istirahatkan mata

Sementara itu, menurutnya, untuk pekerja yang sering menatap layar laptop disarankan untuk mengistirahatkan mata dengan rule 20-20-20. "Setiap 20 menit mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat jarak 6 meter atau 20 kaki," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (19/6/2023).

 

6. Konsumsi makanan bernutrisi dan suplemen

Selain pola hidup yang baik, upaya lain yang harus diterapkan adalah mengkonsumsi makanan bernutrisi dan asupan herbal yang mampu menguatkan kesehatan mata kita, salah satunya Fresh Vision yang merupakan multivitamin yang membantu untuk menjaga mata tetap sehat. Fresh vision terbuat dari bahan herbal antara lain madu, wortel, dan blueberry yang baik untuk kesehatan mata.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement