Sabtu 17 Jun 2023 02:09 WIB

Masuki Usia Lansia, Naik-Turun Tangga Jadi Aktivitas Berisiko

Osteoarthritis termasuk masalah tulang yang umum mengusik lansia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri lutut (ilustrasi). Memasuki usia senja, tentu naik-turun tangga bisa menjadi lebih berisiko karena kondisi sendi lutut biasanya sudah mengalami penurunan.
Foto:

Osteoarthritis merupakan penyakit degeneratif yang memburuk dari waktu ke waktu. Sering kali, gangguan ini mengakibatkan nyeri kronis.

Kondisi ini menyebabkan bantalan pelindung tulang rawan mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu. Alhasil terjadi peradangan pada area sendi, terutama pada lansia yang sudah berumur.

Menurut dr Jamot, seseorang akan lebih berisiko terkena osteoarthritis apabila mereka kelebihan berat badan, pernah mengalami cedera lutut, atau memiliki riwayat keluarga dengan osteoartritis. Jika tidak ditangani dengan benar, osteoarthritis bisa mengganggu kualitas hidup seseorang dan menyebabkan nyeri berkepanjangan atau kronis.

"Nyeri lutut juga bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti cedera (robek tendon, patah tulang, dan lainnya) dislokasi sendi, hingga tipe arintits lainnya seperti gout (asam urat)." tutur dr Jamot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement