Rabu 14 Jun 2023 23:21 WIB

Hindari Minta 5 Hal Ini pada Tetangga, Dianggap tak Sopan

Ada hal lain yang mungkin harus dihindari dalam hubungan dengan tetangga.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Tetangga (ilustrasi). Ada hal lain yang mungkin harus dihindari dalam hubungan dengan tetangga.
Foto: www.freepik.com
Tetangga (ilustrasi). Ada hal lain yang mungkin harus dihindari dalam hubungan dengan tetangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang berusaha menciptakan hubungan yang bermakna di sekitar mereka. Hal ini tidak terkecuali dalam kehidupan bertetangga.

Berinteraksi dan bersosialisasi tentu merupakan hal yang perlu dilakukan. Atau meminta secangkir gula kepada tetangga, dalam keadaan darurat, misalnya, juga sah-sah saja. Tetapi perlu diingat bahwa ada hal lain yang mungkin harus dihindari dalam hubungan antartetangga. Berikut hal yang sebaiknya tidak diminta kepada tetangga, menurut pakar etiket, seperti dikutip dari Best Life, Rabu (14/6/2023):

Baca Juga

1. Menggunakan properti tetangga

Meskipun Anda mungkin merasa dekat satu sama lain, namun masih ada batasan antara Anda dan ruang tetangga. Darren Wayland, pakar etiket dan pendiri BBQHost, mengatakan bahwa Anda tidak boleh meminta tetangga untuk menggunakan properti mereka kecuali jika mereka secara eksplisit menawarkan diri. Ini mungkin termasuk properti apa pun, seperti kolam renang, taman, atau fasilitas lainnya, menurut Wayland.

"Properti mereka adalah ruang pribadi mereka, dan penting untuk menghormati privasi dan batasan mereka," kata dia.

Hal yang terbaik adalah membangun hubungan yang saling menghormati dan menghindari akses ke barang-barang mereka. Michelle Giordano, seorang konselor komunitas dan spesialis penjangkauan untuk Live Another Day, mengatakan bahwa saran ini juga berlaku untuk tempat parkir. Menuntut atau menekan tetangga agar memberi lebih banyak tempat parkir atau memberi Anda akses ke sebagian tanah mereka dapat menyebabkan ketegangan dan konflik.

2. Membersihkan kotoran hewan peliharaan

Jika mengajak hewan peliharaan untuk berjalan-jalan di sekitar lingkungan, Anda harus bersiap untuk membersihkan semua kekacauan yang ada. Anda tidak boleh mengharapkan tetangga untuk mengambil kotoran jika hewan peliharaan Anda berhenti di dekat atau di properti mereka

"Kita semua pernah mengalami tetangga seperti ini, jadi jangan seperti itu. Bawa kantong plastik dan lakukan sendiri,” kata Liza Mirza Grotts, pakar etiket bersertifikat selama 23 tahun.

3. Meminta merawat hewan peliharaan

Hindari meminta tetangga untuk merawat hewan peliharaan Anda dalam waktu yang lama, menurut saran Bennett. Bantuan singkat untuk memelihara hewan peliharaan tidak masalah, tetapi mengubahnya menjadi tugas tetap tidak etis.

4. Membantu tugas utama lainnya

Meminta tetangga menjaga hewan peliharaan terus-menerus bukanlah satu-satunya aktivitas yang harus dihindari. "Disarankan pula agar Anda tidak meminta mereka untuk membantu tugas apa pun yang membutuhkan banyak waktu atau tenaga, seperti membantu memindahkan furnitur atau memotong rumput," kata Kalley Hartman, seorang terapis berlisensi dan direktur klinis di Ocean Recovery di Pantai Newport, California.

"Meskipun ini mungkin tampak seperti permintaan yang polos, tapi itu bisa dilihat sebagai memanfaatkan kebaikan mereka atau tidak menghormati waktu dan jadwal mereka," jelas Hartman.

5. Terlibat dalam urusan pribadi

Anda juga bisa bersahabat dengan tetangga, tetapi pada akhirnya, mereka sebenarnya bukanlah teman Anda. "Jadi jangan minta tetangga Anda untuk terlibat dalam urusan pribadi Anda," kata Carolina Estevez, PsyD, seorang psikolog klinis di Infinite Recovery di Austin, Texas.

Menurut Estevez, ini mungkin termasuk hal-hal seperti membantu masalah hukum, memberikan nasihat pribadi, atau menengahi pertengkaran antar anggota keluarga. "Ini adalah perilaku mengganggu yang tidak boleh ditoleransi. Ini menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap privasi dan batasan tetangga Anda,” ujar dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement