Selasa 13 Jun 2023 17:37 WIB

Grup K-Pop BTS Ulang Tahun ke-10, Kota Seoul Disulap Jadi Lautan Ungu

'BTS 10th Anniversary' menjadi trending nomor satu di Twitter dunia.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Qommarria Rostanti
Kepulauan Sevit, pulau buatan di Sungai Han di Seoul, Korea Selatan, berhiaskan lampu warna ungu pada malam 12 Juni 2023, sebagai bagian dari festival dua pekan untuk merayakan ulang tahun kesepuluh debut grup K-Pop sensasional BTS yang jatuh pada 13 Juni.
Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Kepulauan Sevit, pulau buatan di Sungai Han di Seoul, Korea Selatan, berhiaskan lampu warna ungu pada malam 12 Juni 2023, sebagai bagian dari festival dua pekan untuk merayakan ulang tahun kesepuluh debut grup K-Pop sensasional BTS yang jatuh pada 13 Juni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup K-pop BTS menginjak usia 10 tahun semenjak debut karier mereka pada 13 Juni 2013. "BTS 10th Anniversary" kemudian menjadi trending nomor satu di Twitter dunia.

Penggemar BTS, Army, berkumpul di Seoul, Korea Selatan, selama kurang lebih sebulan ini. Juni adalah bulannya BTS di seluruh dunia dan Juni kali ini ditutup oleh tur konser Suga terakhir di ibu kota.

Baca Juga

Weverse membagikan secara berkala foto-foto lama dan foto konsep baru dari RM, Jin, Suga, j-hope, Jimin, V, dan Jungkook. Selain itu, lagu baru "Take Two" dirilis pada Jumat pekan lalu untuk memperingati 10 tahun mereka terjun ke dunia dan industri hiburan Negeri Gingseng.

"From zero to hero" BTS telah berhasil membawa nama K-pop ke seluruh dunia, yang tak hanya dikenal oleh kalangan muda namun berbagai generasi mengagumi BTS. Army kemudian membanjiri lini masa Twitter dunia mengucapkan doa dan harapan positif dan baik pada peringatan 10 tahun BTS lahir.

Topik ulang tahun BTS pun tercatat sebanyak 1,48 juta cuitan di Twitter hingga pukul 15.30 WIB. Tak hanya Army Indonesia yang turut merayakan, Army dunia juga berpesta dan mengungkapkan selamat memperingati hari jadi yang ke-10.

"Selamat merayakan hari lahir BTS. Kami memiliki hadiah spesial dari Army Mexico, yaitu lebih dari 15 iklan video bertengger di Time Square. Kami mencintai kalian," kata akun resmi base penggemar Army Mexico @BTSARMY_MXCo pada Selasa (13/6/2023).

"Bersyukur aku tumbuh dengan mencintai kalian. Sejak saya mengenal kalian pada 2015 sampai sekarang dan selamanya," kata Army di akun Twitter @deepoetic.

Anggota BTS, V, mengunggah cuplikan video-video lama mereka bertujuh yang membuat Army meneteskan air mata. Army terharu dan merindukan BTS kumpul bersama, mengingat mereka tengah menjalani masa proyek solonya.

BTS melalui akun resmi Twitter-nya berterima kasih seraya membagikan foto lama ketika pertama kali BTS debut. "Terima kasih kepada semua penggemar yang memberikan dukungan luar biasa kepada #BTS yang berhasil menyelesaikan siaran M Countdown pertama mereka sejak debut♥︎ Kirimkan dukungan Anda kepada para pria yang berkeringat di atas panggung yang penuh semangat!," kata BTS di akun Twitter @bts_bighit.

Kota Seoul disulap menjadi warna ungu pada banyak landmark-nya. Meskipun grup tersebut sedang hiatus dengan dua anggotanya yang saat ini sedang menjalani wajib militer, banyak dari basis penggemar setia global mereka masih berkumpul di Seoul minggu ini. Landmark seperti Balai Kota Seoul dan Menara Namsan menyala warna khas BTS, ungu.

Puluhan penggemar dari Prancis, Meksiko, dan tempat lain datang untuk menikmati pemandangan perayaan debut 10 tahun BTS. Bahkan di gedung HYBE tergambar mural raksasa wajah tujuh anggota.

Perayaan 10 tahun anniversary BTS diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Sabtu (17/6/2023). Saat itu, BTS RM sebagai leader dijadwalkan bertemu dengan para penggemar dan diikuti dengan pertunjukan kembang api di dekat Sungai Han.

RM, Jin, Suga, j-hope, Jimin, V, dan Jungkook mendapatkan banyak pengikut internasional setelah membuat terobosan untuk kesuksesan global K-Pop termasuk di tangga musik AS dan penghargaan industri dunia lainnya. Di Indonesia, para Army juga turut merayakan 10 tahun debut BTS dengan berbagai acara seperti donasi, kegiatan sosial, noraebang, pameran BTS dan sebagainya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement