Senin 12 Jun 2023 09:05 WIB

Dokter Ahli Podiatri Sarankan Jangan Pakai Sandal Jepit, Stiletto, dan Slip-On, Kenapa?

Alas kaki yang tidak nyaman bisa picu masalah yang cukup serius.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Sepatu hak tinggi (ilustrasi). Ahli podiatri mengingatkan stiletto bukanlah pilihan yang aman bagi kesehatan kaki.
Foto:

Setelah berbagi wawasannya tentang apa yang tidak boleh dipakai, Paul kemudian ditanya seputar sepatu mana yang baik untuk kesehatan kaki. Dia menguraikan tiga sepatu yang digunakannya setiap pekan.

1. Bared smart shoe

Untuk kegiatan rapat bersama dokter atau acara resmi lainnya, Paul menyukai sepatu Curium dari merek Bared. Ia menyukainya karena sepatu itu memiliki sol yang dapat dilepas.

"Sepatu ini juga memiliki firm heel counter yang sangat kokoh. Sepatunya juga didesain agar tumit terangkat, dan kemudian menurun ke arah jari kaki. Itu bisa menghilangkan tekanan dari betis, dari Achilles, dan mencegah banyak masalah kaki,"” kata dia.

2. Asics Kayano

Untuk sehari-hari, Paul memilih sepatu Asics Kayano. Sepatu ini dirancang sebagai sepatu lari jarak jauh, tapi dia memakainya untuk bekerja. Hal yang hebat dari sepatu ini adalah mereka memiliki firm heel counter yang sangat kuat, sehingga akan mengunci pergelangan kaki di tempatnya.

"Sepatu ini juga memiliki banyak fitur yang cocok bagi pemilik flat foot atau telapak kaki datar seperti saya," kata Paul.

Selain itu, sepatu ini juga bertali dan memiliki area cukup lebar di bagian jari-jemari, sehingga tidak membuat kakinya tertekan. "Saya menggunakan ini untuk berjalan-jalan, ke gym, berlari dan hal-hal seperti itu," ujarnya.

3. Nike Air Force 1

Sepatu terakhir rekomendasi Paul adalah Nike Air Force 1. Ini adalah sepatu yang biasanya dipakai untuk pergi ke mal, makan malam, bertemu dengan teman-teman saya, dan kegiatan semacam itu.

"Sepatu ini paling cocok digunakan saat saya melakukan 2.000 hingga 5.000 langkah. Hal yang hebat adalah sepatu ini sangat lebar sehingga tidak menekan kaki saya. Sepatu ini juga bertali, dan sebenarnya, stabilitas pergelangan kaki berada di atas pergelangan kaki sehingga dapat menahan kaki dengan baik," kata Paul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement