Jumat 09 Jun 2023 08:53 WIB

Agar Tampak Rapi, Ini Inspirasi Menata Buku di Rumah

Buku-buku bisa ditempatkan di mana saja yang penting sesuaikan dengan ruangan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penambahan barang-barang dekoratif dapat menambah karakter dan keunikan susunan koleksi buku.
Foto: Republika/Prayogi
Penambahan barang-barang dekoratif dapat menambah karakter dan keunikan susunan koleksi buku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menyusun buku di rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara, tidak hanya meletakkan rak buku besar di sudut, lalu menyimpan semua bacaan. Ada banyak metode yang tak konvensional, seperti menata sesuai warna dan genre, atau berkreasi menambahkan dekorasi.

Penataan buku bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Berikut rekomendasi sejumlah cara menarik untuk menata buku dari pakar yang bisa menginspirasi untuk dilakukan sendiri di rumah, dikutip dari laman Good Housekeeping, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga

- Sesuaikan ruang

Buku-buku bisa ditempatkan di mana saja, baik itu di ruang tamu, kamar tidur, atau ruang kerja khusus. Area kecil atau besar tidak masalah, yang penting sesuaikan dengan ruang yang ada. Bahkan, buku tidak perlu ditempatkan di satu area yang sama.

Kreator konten Sarah Unsworth yang menggemari desain interior, sengaja meletakkan bukunya secara terpisah. "Semua buku masakan saya ada di rak terbuka di dapur," kata Unsworth. Selain itu, dia meletakkan buku anak di rak bergambar di ruangan lain.

 

- Buat seunik mungkin

Pemilik toko buku independen Denny's Books, Megan Warrington, menyarankan agar buku ditata sesuai karakter diri dan seunik mungkin. Misalnya, dia menumpuk sebagian buku di sekitar kamar tidur dan sebagian di tempat lain tak terduga di rumah.

Menurut Warrington, ada begitu banyak cara luar biasa untuk menyimpan buku. Contohnya, membingkai pintu dengan buku, memanfaatkan ruang di dinding, atau menyusun buku jadi meja kopi. "Jika tidak memiliki ruang untuk memajang semua buku, menempatkannya di troli bisa jadi solusi penyimpanan yang bagus," ujarnya.

 

- Susun sesuai warna

Setelah memilih tempat untuk menyimpan buku, saatnya memikirkan cara mengaturnya. Menyusun buku sesuai warna sampul telah menjadi metode yang sangat populer selama beberapa tahun terakhir. Deretan buku itu bersanding jadi warna-warni yang indah.

Natasha Poliszczuk, penulis dan editor buku yang sedang mengerjakan proyek renovasi rumah, juga menyusun buku-bukunya berdasarkan warna. "Ini sangat menyenangkan untuk dilihat dan membuat banyak buku saya lebih terorganisir," ungkapnya.

 

- Mengategorikan berdasarkan genre

Jika merasa tidak cocok dengan ide menyusun buku sesuai warna, cobalah membuatnya lebih mudah diatur dengan menyusun berdasarkan genre. Pembagiannya bisa ke dalam genre novel roman, biografi, sastra, buku anak, dongeng klasik, buku resep masakan, hingga genre pendidikan dan politik.

Asisten editor digital Good Housekeeping, Bethan-Rose Jenkins, menganggap pengorganisasian dengan cara itu sangat pas baginya. "Saya dapat menemukan semua buku yang saya perlukan dengan mudah dengan cara ini dan tampilannya amat tertata," ucap Jenkins.

 

- Menambahkan barang-barang dekoratif

Penambahan barang-barang dekoratif dapat menambah karakter dan keunikan susunan koleksi buku. Misalnya, menambahkan penahan buku dengan aneka bentuk yang cantik atau memajang vas dengan bunga segar di rak buku.

Menambahkan nilai sentimental ke rak buku akan membuatnya semakin unik serta dapat meningkatkan suasana hati. Menempatkan foto diri atau keluarga atau meletakkan benda kecil penuh kenangan juga bisa jadi inspirasi yang membuat rak buku lebih istimewa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement