Kamis 08 Jun 2023 23:55 WIB

Pakai Tabir Surya, Jangan Lupakan Area Wajah yang Satu Ini

Memakai tabir surya menjadi kebutuhan untuk menjaga kulit dari bahaya sinar UV.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Krim tabir surya (ilustrasi). Pilih tabir surya yang memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB (broad-spectrum).
Foto:

Sementara itu, UVA menembus kulit lebih dalam dan berhubungan dengan penuaan kulit dan kanker. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencermati label saat memilih tabir surya. Pilih juga tabir surya berbahan dasar mineral untuk membantu mencegah penuaan kulit dini.

Tabir surya SPF 50 yang bisa untuk aplikasi pada wajah sekaligus tubuh dengan formulasi ringan bisa dipilih. Di pasaran, sudah banyak produk tabir surya yang mencantumkan keterangan bisa digunakan di sekitar area mata. Pastikan produk telah diuji secara klinis.

Meskipun penting untuk memakai SPF setiap hari, para pakar tetap menyarankan untuk beraktivitas di tempat berteduh jika memungkinkan dan menghindari sinar matahari pada waktu terpanas dalam satu hari. Beberapa cara lain juga bisa membantu meminimalisasi paparan sinar matahari.

Misalnya, mengenakan pakaian lengan panjang, topi, dan kacamata hitam untuk menambah lapisan pelindung dari matahari, tetapi jangan lewatkan pemakaian tabir surya. Aplikasi ulang tabir surya juga tidak kalah penting, terutama saat berenang atau banyak berkeringat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement