Selasa 06 Jun 2023 18:34 WIB

Viral Seblak Rafael, Chef Eki Jelaskan Asal-Usul Seblak: Dulu Namanya CCUP

Perkembangan seblak luar biasa cepat, di mana isi seblak sekarang beraneka macam.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Seblak ala Rafael.
Foto: Instagram/@geprek_rafael
Seblak ala Rafael.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Resep seblak ala personel Sm*sh, Rafael Tan, menjadi viral di media sosial (medsos). Banyak warganet yang sudah mencobanya dan mengatakan seblak Rafael cukup enak untuk disantap. 

Berbicara soal seblak, apakah Anda tahu asal-usulnya? Jika tidak, simak penjelasan dari chef sekaligus wirausahawan Eki Kramadibrata ini. 

Baca Juga

Chef Eki mengenal seblak sekitar tahun 2000-an di Bandung, Jawa Barat, sewaktu bekerja di restoran. Chef Eki mengatakan, sebenarnya kreasi tersebut bukan menu restoran.

Menurut Chef Eki, dahulu namanya CCUP yang merupakan singkatan dari cengek, cikur, uyah, pecin (cabai rawit, kencur, garam, dan vetsin).

“Menurut chef yang bikin, ini makanan khas Cianjur bagian selatan, karena di sana banyak pabrik kerupuk. Jadi cara nikmati kerupuk selain digoreng, yaitu dioseng dengan CCUP, unik juga,” ujar Chef Eki saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (30/5/2023).

Chef Eki mengatakan, perkembangan seblak luar biasa cepat. Sekarang isi seblak bukan hanya kerupuk saja, tetapi ada makaroni, tulang ayam, telur, ceker, bahkan ada sayur seperti sawi hijau sebagai pelengkapnya.

“Dari segi bumbu lebih lengkap dengan bawang merah, cabai merah (biar warnanya lebih menarik). Intinya bumbu merah plus cikur, kalau dulu CCUP cuma pakai cabai rawit hijau, cikur, bawang putih, garam, gula, dan vetsin, tapi baik dahulu dan sekarang sama enaknya sih, makanan murah meriah namun rasa khas dari kencurnya nikmat,” katanya.

Rafael sendiri kerap membagikan resep seblaknya di Tiktok pribadinya, @rafaell_1616. Bahan yang diperlukan untuk membuat seblak ala Rafael adalah kerupuk mawar, bawang putih, bawang daun, cabai cengek, cabai rawit, kencur, garam, gula, mecin, penyedap rasa, dan minyak goreng. Rafael mengungkapkan, semua bahan dikira-kira saja sesuai selera.

Cara memasaknya yakni iris bawang putih, kencur, cabai cengek, dan cabai rawit. Setelah selesai, ulek semua irisan tersebut sampai halus di cobek. Tambahkan gula, garam, micin, dan penyedap rasa. Aduk rata.

Iris bawang daun, lalu masukkan ke bumbu halus. Kemudian sisihkan. Selanjutnya, panaskan minyak hingga mendidih. Ketika sudah mendidih, angkat, dan tuang ke bumbu halus tadi. Berikutnya, rebus kerupuk mawar. Setelah matang, masukkan kerupuk ke bumbu seblak. Aduk rata.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement